Pengaruh Variasi Kekencangan Satu Arah (One Direction Tension) Pada Reinforcement Fiber Panel Komposit Datar Terhadap Kekuatan Lentur Dan Impak

Gunawan, AgustianAdi (2014) Pengaruh Variasi Kekencangan Satu Arah (One Direction Tension) Pada Reinforcement Fiber Panel Komposit Datar Terhadap Kekuatan Lentur Dan Impak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material dengan sifat mekanik dari material pembentuk berbeda-beda. Dikarenakan karakteristik pembentuknya berbeda-beda, maka akan dihasilkan material baru yaitu komposit yang mempunyai sifat mekanik dan karakteristik yang berbeda dari material-material pembentuknya Penelitian ini membahas mengenai pengaruh variasi kekencangan satu arah pada reinforcement fiber panel komposit datar terhadap kekuatan lentur dan impak, komposit yang dihasilkan hanya menggunakan 1 lapisan. Metode yang digunakan dalam membuat komposit ini adalah metode hand lay-up, metode ini adalah metode yang paling sederhana dan tidak memerlukan biaya besar. Metode pra tension juga digunakan sebagai cara untuk memberikan efek kekencangan pada fiberglass dimana sebelum melakukan penuangan resin, fiber dikencangkan terlebih dahulu. Didapatkan hasil kekuatan lentur terendah yaitu 94,53 MPa dimiliki oleh komposit dengan tension 0 N(tanpa tension) sedangkan kekuatan lentur tertinggi yaitu 148,36 MPa dimiliki komposit dengan tension 40N. Kekuatan impak terendah yaitu 5,08 J/mm2 ada pada tension 0N dan nilai kekuatan impak tertinggi yaitu 15,92 J/mm2 ada pada tension sebesar 40N.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/736/051500036
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jan 2015 09:03
Last Modified: 22 Oct 2021 01:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143071
[thumbnail of daftar_Isi_.pdf]
Preview
Text
daftar_Isi_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Dosen_Penguji.pdf]
Preview
Text
Dosen_Penguji.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I,II,III,IV_siap_cetak.pdf]
Preview
Text
BAB_I,II,III,IV_siap_cetak.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Dosen_Pembimbing.pdf]
Preview
Text
Dosen_Pembimbing.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item