Pengaruh Kecepatan Potong Terhadap Kepresisian Geometri Ulir Standar Metris Dengan Menggunakan Baja S 45 C Pada Mesin CNC ET 242

Agung, Mochamad Dwi (2014) Pengaruh Kecepatan Potong Terhadap Kepresisian Geometri Ulir Standar Metris Dengan Menggunakan Baja S 45 C Pada Mesin CNC ET 242. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ulir adalah salah satu bagian dari komponen mesin yang paling banyak digunakan oleh karena itu pembuatan ulir yang memiliki kepresisian yang tinggi sangat diperlukan. Mesin bubut CNC sangat efektif dan efisien digunakan untuk proses permesinan dalam pembuatan komponen-komponen mesin. Dengan mesin CNC proses pembubutan ulir menjadi sangat memungkin membuat ulir dengan sangat bevariasi dalam waktu relatif cepat dan hasilnya lebih presisi. Hal ini karena mesin CNC bisa menggerakan putaran spindel dan bagian mesin yang lainnya menggunakan sistem CAM, yang dimaksud CAM ini adalah sebuah teknologi yang menghubungkan kemampuan dari komputer dengan teknologi tinggi untuk diaplikasikan pada mesin CNC. Dalam proses permesinan kecepatan potong adalah salah satu variabel yang sangat berpengaruh dalam menentukan hasil dari pembuatan sebuah komponen mesin. Salah satu yang digunakan untuk mengukur kualitas produk dari proses permesinan adalah kepresisiannya. Dalam penelitian ini dilakukan proses permesinan denagan mesin CNC untuk membuat ulir metris M30 dengan variasi kecepatan potong yakni 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28, 30 m/menit. Produk ulir yang dihasilkan diukur menggunakan profile proyektor mendapatkan tingkat kepresisiannya. Dari hasil analisa didapatkan setiap variasi kecepatan potong memiliki pengaruh terhadap kepresisian geometri ulir. Pada kecepatan potong 2 m/menit prosentase penyimpangan geometrinya cukup tinggi kemudian berangsur menurun seiring dengan peningkatan kecepatan potongny sampai pada kecepatan potong 12 -14 m/menit memiliki tingkat kepresisian yang paling baik, kemudian semakin bertambahnya kecepatan potong mulai 16 – 30 m/menit tingkat kepresisiannya menurun kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/670/051407570
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Nov 2014 09:21
Last Modified: 23 Dec 2021 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142997
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVERKU.pdf]
Preview
Text
COVERKU.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of terbaru.pdf]
Preview
Text
terbaru.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKa.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKa.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item