Pengaruh Tegangan Listrik Pada Proses Double Hard Anodizing Dengan Pre-Treatment Annealing Terhadap Laju Korosi Aluminium 6061

Widyanto, Okky Gigih and Ir. Endi Sutikno, MT., - and Purnami, ST., MT., - (2014) Pengaruh Tegangan Listrik Pada Proses Double Hard Anodizing Dengan Pre-Treatment Annealing Terhadap Laju Korosi Aluminium 6061. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aluminium 6061 termasuk dalam aluminium paduan seri 6XXX yang telah banyak penggunaannya. Paduan 6053, 6061, dan 6063 mengandung magnesium dan silikon dalam kandungannya untuk membentuk magnesium silisida. Salah satu cara untuk meningkatkan umur pakai dalam hal ketahanan korosi adalah Double Hard Anodizing. Maka dalam studi eksperimental ini diteliti besar laju korosi yang terjadi pada Aluminium yang telah di Double Hard Anodizing dengan Titanium dalam variasi tegangan listrik (V). Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental nyata (true experimental research). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tegangan listrik sebesar 15, 20, 25, dan 30V. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu laju korosi setelah proses Double Hard Anodizing pada Al 6061 dengan metode tafel. Sedangkan variabel terkontrol dalam penelitian ini adalah temperatur operasi proses anodizing pada suhu 0 – 50C, jarak dari anoda ke katoda adalah 5 cm, arus listrik sebesar 1 Ampere dan suhu annealing sebesar 4000C dengan holding 60 menit. Hasil penelitian menunjukkan tegangan listrik pada proses double hard anodizing berpengaruh terhadap laju korosi aluminium 6061. Semakin tinggi tegangan listrik yang diberikan, maka laju korosi akan semakin menurun. Laju korosi tertinggi terjadi pada spesimen variasi tegangan 15 volt yaitu 0,0074629 mm/year. Dan laju korosi terendah terjadi pada spesimen variasi tegangan 30 volt yaitu 0,00017874 mm/year. Penurunan laju korosi disebabkan proses korosi terjadi lebih dahulu pada lapisan titanium yang didapat dari hasil double hard anodizing, karena titanium memiliki ketahanan korosi yang lebih baik daripada aluminium maka dari itu laju korosi yang didapat semakin menurun.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/568/051405510
Uncontrolled Keywords: Anodizing, Aluminium, Voltage, Titanium, dan Tafel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Sep 2014 13:39
Last Modified: 29 Nov 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142882
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV-V_OKKY_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_IV-V_OKKY_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lemper_Skripsi_.pdf]
Preview
Text
Lemper_Skripsi_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_OKKY.pdf]
Preview
Text
BAB_III_OKKY.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item