Pengaruh Pre-Treatment Annealing Dan Variasi Tegangan Listrik Pada Proses Pelapisan Double Hard Anodizing Terhadap Laju Keausan Aluminium 6061.

Martha, AnastasiaChellisa (2014) Pengaruh Pre-Treatment Annealing Dan Variasi Tegangan Listrik Pada Proses Pelapisan Double Hard Anodizing Terhadap Laju Keausan Aluminium 6061. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aluminium seri 6061 merupakan jenis paduan alumunium yang pemakaiannya sangat luas dalam dunia industri, memiliki sifat tahan korosi, ketangguhan yang baik, kekuatan yang sedang hinggi tinggi dan memiliki sifat heat-treatable. Biasanya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan piston, blok mesin, cylinder head dan valve. Namun ketahanan aluminium 6061 terhadap keausan masih terbilang rendah, kekurangan ini akan sangat merugikan karena nantinya aluminium akan digunakan dalam kondisi kerja yang beragam dan dimungkinkan akan mengalami banyak kontak dan gesekan dengan material komponen lainnya. Salah satu cara untuk merekayasa agar kekurangan material dasar ini adalah dengan melakukan proses anodizing. Maka dalam studi eksperimental ini diteliti pengaruh pre-treatment annealing dan variasi tegangan listrik (V) terhadap ketahanan aus yang dimiliki aluminium yang telah diberi perlakuan double hard anodizing. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental nyata (true experimental research). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tegangan listrik sebesar 15, 20, 25, dan 30V serta konsentrasi H3PO4 sebesar 1 mol, 2 mol dan 3 mol. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu ketahanan aus setelah proses double hard anodizing pada Al 6061 dengan metode Ogoshi. Sedangkan variabel terkontrol dalam penelitian ini adalah jarak dari anoda ke katoda adalah 5 cm, temperatur operasi proses anodizing pada suhu 0 – 50C, arus listrik sebesar 1 Ampere, dan suhu annealing sebesar 4000C dengan holding 60 menit. Hasil pengujian dan pengolahan data menunjukkan bahwa semakin tinggi tegangan listrik yang diberikan, maka ketahanan aus aluminium akan semakin tinggi pula. Sedangkan semakin tinggi Mol larutan elektrolit, maka ketahan aus alumunium akan semakin rendah. Pada pengujian ini, ketahanan aus tertinggi terdapat pada spesimen 1 Mol, 30V.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/532/051405344
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Sep 2014 14:52
Last Modified: 22 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142843
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV-V.pdf]
Preview
Text
BAB_IV-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_LEMPER.pdf]
Preview
Text
COVER_+_LEMPER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_pengesahan_penguji.pdf]
Preview
Text
Lembar_pengesahan_penguji.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item