Rancang Bangun Antena Penyearah (Rectifier Antenna) Untuk Pemanen Energi Elektromagnetik Pada Frekuensi Gsm 1800 Mhz

Putra, Dirton Ben Gurion Parubak and Mohd. Fauzan Edy Purnomo, S.T., M.T., - and Rudy Yuwono, S.T., M.Sc., - (2014) Rancang Bangun Antena Penyearah (Rectifier Antenna) Untuk Pemanen Energi Elektromagnetik Pada Frekuensi Gsm 1800 Mhz. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Antena Penyearah (rectifier antenna) merupakan sebuah device antena yang dintegrasikan dengan sebuah rangkaian rectifier yang memiliki kemampuan untuk mengkonversi gelombang RF menjadi tegangan DC. Antena mikrostrip pada rectenna dapat berfungsi untuk menangkap gelombang elektromagnetik kemudian diubah menjadi gelombang AC dan kemudian oleh rectifier akan didaur ulang lagi menjadi gelombang DC dalam bentuk tegangan. Untuk merancang dan membuat sebuah rectenna, maka di perlukan juga perancangan sebuah antena mikrostrip dan rangkaian rectifier yang mampu bekerja pada frekuensi yang di inginkan. Penelitian Skripsi kali ini akan merancang sebuah rectenna yang mampu mendaur ulang energi gelombang elektromagnetik radio frekuensi GSM 1800 MHz kemudian mengubahnya menjadi tegangan DC murni. Perancangan dimensi antena mikrostrip pada penelitian skripsi ini diperoleh melalui perhitungan dan optimasi serta dilakukan simulasi, dan perancangan komponen rangkaian rectifier diperoleh melalui simulasi rangkaian. Fabrikasi antena mikrostrip ini menggunakan bahan Phenolic White Paper – FR4 dengan konstanta dielektrik (εr) = 4,5. Hasil pengukuran rectenna menunjukkan bahwa rectenna tersebut mampu bekerja pada frekuensi GSM 1800 MHz dengan bandwidth sebesar 50 MHz. Dan nilai tegangan output hasil konversi terbaik dari rectenna yaitu sebesar 0.4 mV, pada frekuensi GSM 1800 MHz.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/434/051405018
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Sep 2014 13:46
Last Modified: 16 Nov 2021 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142731
[thumbnail of BUKU_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
BUKU_SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item