Aplikasi Dan Implementasi Secret Sharing Menggunakan Kriptografi Visual Pada Citra Biner.

Hakim, Luqman (2014) Aplikasi Dan Implementasi Secret Sharing Menggunakan Kriptografi Visual Pada Citra Biner. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Secret sharing merupakan salah satu metode untuk mengamankan suatu rahasia dengan membagi atau mendistribusikan rahasia tersebut menjadi beberapa bagian yang disebut share, setiap bagian dari rahasia tersebut tidak memberikan informasi apa – apa mengenai rahasia yang dimaksud bila tidak digabungkan dengan bagian yang lainnya. Salah satu alasan adanya secret sharing adalah perlindungan terhadap ancaman kehilangan kunci kriptografi. Pada skripsi ini dibuat suatu program aplikasi secret sharing menggunakan kriptografi visual. Kriptografi visual adalah skema pembagian yang digunakan dalam distribusi gambar. Kriptografi visual merupakan salah satu perluasan dari secret sharing yang diimplementasikan untuk suatu citra. Seperti halnya teknik kriptografi yang lain, kriptografi visual memiliki persyaratan kerahasiaan, integritas data, dan otentikasi. Kriptografi visual yaitu teknik kriptografi data berupa gambar atau citra dengan membagi gambar tersebut menjadi beberapa bagian. Setiap bagian gambar tersebut merupakan subset dari gambar aslinya. Hasil dari proses aplikasi ini adalah citra rahasia yang berupa hasil enkripsi citra yaitu citra share 1 dan citra share 2 dan citra hasil dekripsi. Dari hasil enkripsi citra yang diujikan diperoleh prosentase keberhasilan dalam merahasiakan isi informasi dari citra aslinya. Dan pada hasil citra dekripsi menampilkan isi informasi dari citra asli. Prosentase keberhasilan pada citra share 1 dan share 2 menunjukkan kedua share tersebut 100% tidak menampilkan isi informasi pada citra aslinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/406/051404973
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Sep 2014 15:10
Last Modified: 22 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142700
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item