Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Anp Dan Fuzzy Topsis (Studi Kasus : Pt. Mermaid Textile Indonesia Mojokerto)

Sari, PuteriRinaMayank (2014) Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Anp Dan Fuzzy Topsis (Studi Kasus : Pt. Mermaid Textile Indonesia Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Mermaid Textile Indonesia Mojokerto merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil. Pada penerapan strategi pemasarannya khususnya untuk produk seragam sekolah masih terdapat beberapa kelemahan yang menyebabkan pangsa pasar perusahaan akan produk tersebut cukup rendah. Penerapan strategi pemasaran perusahaan selama ini hanya berdasarkan metode ilmiah dari pengalaman pemasaran yang dilakukan perusahaan, namun masih belum menggunaan metode ilmiah dengan menggunakan perhitungan matematik. Penetapan strategi pemasaran pada perusahaan ini termasuk pemasalahan Multi-Criteria Decision Making (MCDM) karena terdapat banyak kriteria yang dapat mempengaruhi penetapan strategi pemasaran perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode SWOT yang digunakan untuk membuat alternatif strategi. metode ANP (Analytic Network Process) yang bertujuan untuk membuat model hirarki antar kriteria dan subkriteria serta mendapatkan bobot kepentingan setiap subkriteria yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Metode fuzzy TOPSIS (Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution) bertujuan untuk pemilihan alternatif terbaik yang tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Berdasarkan hasil dari pengolahan data dengan menggunakan metode SWOT didapatkan empat alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan untuk dipilih. Kemudian dengan metode ANP didapatkan bobot kepentingan setiap subkriteria yang merupakan inputan untuk metode fuzzy TOPSIS. Empat alternatif strategi pemasaran yang telah didapatkan dari metode SWOT dan bobot kepentingan setiap subkriteria dari metode ANP kemudian diolah dengan menggunakan metode fuzzy TOPSIS untuk memilih strategi pemasaran terbaik bagi perusahaan. Berdasarkan hasil pengolahan dengan metode fuzzy TOPSIS, dari keempat alternatif strategi pemasaran maka alternatif strategi pemasaran kedua yaitu membangun brand image perusahaan dengan melakukan kegiatan promosi produk secara online dan jejaring social, promosi produk pada pelanggan dua bulan sebelum musin kenaikan kelas serta mendukung program pemerintah dan penyediaan pusat pelayanan pelanggan melalui nomor bebas pulsa, menempati ranking pertama. Sehingga strategi pemasaran kedua paling direkomendasikan untuk diterapkan bagi strategi pemasaran produk seragam sekolah perusahaan.

English Abstract

PT. Mermaid Textile Indonesia Mojokerto is one of the company that engaged in the textile industry. In the implementation of their marketing strategy, specifically for their school uniform it still has weaknesses that led the companys market share in quite low position for such products. The implementation of the marketing strategy for the company right now, only based on the scientific method of marketing experience of the company and not uses the scientific method by using mathematical calculations. The determination of the companys marketing strategy for this company can included in Multi-Criteria Decision Making (MCDM) problem because there are many criteria that can affect the determination of the companys marketing strategy. The method which used in this study is the SWOT method that used to create an alternative strategy. ANP (Analytic Network Process) methods has aims to create a model hierarchy among criteria and sub-criteria also find the weight gain that affects the interests of any sub-criteria decision-making process. Fuzzy TOPSIS (Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution) method has aims at selecting the best alternative that not only has the shortest distance from the positive ideal solution, but also has the longest distance from the negative ideal solution. Based on the results of data processing by using the SWOT method, it can obtained four recommended alternative marketing strategies that we can choose. After that with ANP method, it can obtained the importance weight from each sub-criteria which is the input for fuzzy TOPSIS method. Four alternative marketing strategies that have been obtained from the SWOT method and the importance weight from each subcriteria of the ANP method is then processed by using fuzzy TOPSIS method to choose the best marketing strategy for the company. Based on the results of the processing from fuzzy TOPSIS method that obtained fourth alternative marketing strategies, the second marketing strategy alternative is to build the brand image of the company by conducting promotional products by online and social networking, promoted the products to customers two months before the school season and also support the government programs and the provided the central services customers via a toll free number are ranked first in alternative marketing strategies. Based on that result, so the second alternative marketing strategies is the most important marketing strategies that can recommended to apply for a school uniform product marketing strategy firm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/372/051404817
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2014 14:00
Last Modified: 22 Oct 2021 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142662
[thumbnail of BAB-4.pdf]
Preview
Text
BAB-4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB-6.pdf]
Preview
Text
BAB-6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_KATA_PENGANTAR_+_DAFTAR_ISI_______________mmmmmmmm.pdf]
Preview
Text
COVER_+_KATA_PENGANTAR_+_DAFTAR_ISI_______________mmmmmmmm.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB-5.pdf]
Preview
Text
BAB-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB-1.pdf]
Preview
Text
BAB-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB-2.pdf]
Preview
Text
BAB-2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB-3.pdf]
Preview
Text
BAB-3.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item