Karakterisasi Vcr Dan Tcr Konduktor Pasta Palladium-Perak Pada Substrat Alumina Dengan Teknologi Film Tebal

Mukti, HerdintoPraja (2014) Karakterisasi Vcr Dan Tcr Konduktor Pasta Palladium-Perak Pada Substrat Alumina Dengan Teknologi Film Tebal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam rangkaian elektronika, konduktor sangat menentukan dalam perhitungan ekonomis suatu produk, karena kuantitas material pembentuk konduktor adalah yang paling banyak dibandingkan dengan material pembentuk resistor, kapasitor dan komponen lainnya. Dalam skripsi ini proses pelapisan bahan konduktor menggunakan sistem screen printing untuk menghasilkan pola pada substrat yang dilaksanakan di Laboratorium Teknik Elektro Universitas Brawijaya Malang. Faktor yang menentukan nilai resistansi konduktor film tebal yaitu perbandingan panjang dan lebar (aspect ratio) yang merupakan dimensi konduktor dan resistivitas lembaran (Rs) yang berhubungan dengan resistivitas bahan. Proses firing menggunakan suhu 600°C dan 700°C. Pengukuran resistansi konduktor dilakukan pada kondisi suhu 27°C dan 65°C dalam peralatan pengkondisi ruangan. Dari proses pembuatan didapat penyimpangan rata-rata untuk panjang sebesar 1.677% dan lebar sebesar 6.094%, nilai rata-rata resistivitas lembaran (Rs) terkecil didapat sebesar 0.0450 menyimpang sebesar 10% dari ukuran yang dikeluarkan produsen karena disebabkan parameter-parameter screen printing yang masih kurang tepat. Nilai rata-rata koefisien tegangan resistansi (VCR) yang didapat sebesar -78,11/V maka konduktor pasta Palladium-Perak mempunyai koefisien negatif dengan setiap kenaikan tegangan pada konduktor nilai resistansi konduktor akan turun. Nilai rata-rata Koefisien suhu resistansi (TCR) yang didapat sebesar 1686,005 ppm/°C maka pasta Palladium-Perak mempunyai koefisien positif dengan setiap kenaikan suhu pada konduktor maka nilai resistansi konduktor akan naik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/36/051400880
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Feb 2014 09:10
Last Modified: 27 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142648
[thumbnail of KARAKTERISASI_VCR_DAN_TCR_KONDUKTOR_PASTA_PALLADIUM.pdf]
Preview
Text
KARAKTERISASI_VCR_DAN_TCR_KONDUKTOR_PASTA_PALLADIUM.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item