Performansi Layanan Video Conference Pada Jaringan Wide Area Network (WAN) Di Chevron Indonesia Company,

Putra, ArdentReligian (2014) Performansi Layanan Video Conference Pada Jaringan Wide Area Network (WAN) Di Chevron Indonesia Company,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jaringan Wide Area Network (WAN) sangat cocok digunakan pada perusahaan sebesar Chevron Indonesia Company untuk menunjang layanan pertukaran informasi yang dapat diandalkan. Jaringan WAN mampu menghubungkan seluruh wilayah operasional Chevron Indonesia Company. Salah satu layanan yang digunakan oleh adalah video conference. Teknologi video conference yang sedang dikembangkan oleh Chevron Indonesia Company adalah Personal Video, dimana video conference dapat dilakukan dari ruang kerja dengan menggunakan PC. Parameter Quality of Service (QoS) yang berupa delay end-to-end dan packet loss diukur pada saat sesi video conference antara Balikpapan dan Jakarta selama 15 menit, dengan bantuan software Wireshark dan hasil Statistic pada perangkat Polycom. Nilai Mean Opinion Score (MOS) diperoleh dengan dua metode: metode kuesioner berdasarkan opini end user dan metode matematis dengan pendekatan faktor kualitas transmisi (faktor R) berdasarkan faktor penurunan kualitas akibat delay (Id) dan packet loss (If) yang terjadi. Dari hasil perhitungan didapat nilai delay end-to-end mencapai 428,3627509 ms, nilai tersebut dikategorikan buruk menurut standar ITU-T G.114, sehingga butuh pengembangan yang mendalam dalam penerapan teknologi ini kedepannya. Sedangkan nilai packet loss sebesar 0,265339966 % dan dikategorikan baik menurut standar TIPHON. Nilai MOS yang diperoleh dari hasil kuesioner adalah sebesar 3,75. Sebagai pembuktian, nilai MOS matematis adalah sebesar 3,86011907. Menurut standar ITU-T P800, kedua hasil perhitungan MOS ini termasuk kategori C atau acceptable, yaitu kualitas video conference akan mengalami beberapa gangguan namun secara umum layanan lainnya akan baik-baik saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/202/051402471
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Apr 2014 07:27
Last Modified: 21 Oct 2021 13:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142481
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER,_LEMPER,_LEMPENG.pdf]
Preview
Text
COVER,_LEMPER,_LEMPENG.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item