Pengaruh Diameter Exhaust Valve Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah

Kusuma, AlfianIndra (2014) Pengaruh Diameter Exhaust Valve Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Langkah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan motor bensin umumnya dititik beratkan pada torsi dan daya yang dihasilkan, kandungan emisi gas buang, serta kenyamanan dalam pemakaiannya. Dalam kenyataannya pabrikan motor baru masih belum maksimal dalam menghasilkan tenaga dari mesin, terutama di medan yang sulit dan tanjakan di daerah pegunungan yang memerlukan torsi dan daya yang besar dari motor bakar tersebut. Berawal dari pemikiran tersebut, upaya untuk mengatasi kurangnya performa pada motor bakar 4 langkah, salah satunya dengan merubah dimensi exhaust valve dengan diameter lebih besar dari ukuran standar yang bertujuan untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran didalam silinder , sehingga tidak akan mengotori campuran antara bahan bakar dan udara barunya. Dengan campuran bahan bakar dan udara yang bersih maka temperatur dan tekanan yang terjadi pada saat pembakaran di ruang bakar akan meningkat, sehingga performa pada motor bakar.akan.meningkat. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimental, eksperimen dilaksanakan di laboratorium motor bakar teknik mesin Universitas Brawijaya. Variabel bebas pada penelitian ini adalah diameter exhaust valve, berdiameter 22, 22.5, dan 23 mm. Variabel terikatnya adalah torsi (T), daya efektif (Ne), konsumsi bahan bakar spesifik efektif (SFCe),.serta.kandungan.HC.dan.CO.dalam.gas.buang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan exhaust valve berdiameter 22,5 dan 23 mm mempengaruhi unjuk kerja mesin. Penggunaan exhaust valve berdiameter 23 mm menghasilkan torsi lebih besar 6,17% dari torsi standarnya, dan juga menghasilkan daya lebih besar 7,09% dari daya standarnya. Sedangkan konsumsi bahan bakar spesifik efektif terendah dihasilkan exhaust valve standar (22 mm), lebih rendah 12,82% dari penggunaan exhaust valve 23 mm. Untuk kandungan emisi gas buang HC dan CO terendah dihasilkan oleh penggunaan exhaust valve berdiameter 23 mm, lebih rendah 33,3% dan 0,109% dari emisi standarnya. Dalam penelitian ini penggunaan exhaust valve berdiameter 23 mm menunjukkan kenaikan torsi dan daya terbaik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/141/051401352
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Feb 2014 09:09
Last Modified: 21 Oct 2021 13:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142412
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Cover_dan_Lemper_Skripsi_Proposal.pdf]
Preview
Text
Cover_dan_Lemper_Skripsi_Proposal.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR-RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR-RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item