Wisata Belanja Kota Surabaya Berdasarkan Persepsi Pengunjung

Raditya, DimasPandu (2013) Wisata Belanja Kota Surabaya Berdasarkan Persepsi Pengunjung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai kota metropolitan, Surabaya memiliki pertumbuhan kota yang sangat pesat. Dengan adanya pertumbuhan yang pesat tersebut, pariwisata alam yang ada di Kota Surabaya semakin sedikit jumlahnya. Kurangnya potensi wisata alam di Kota Surabaya namun memiliki pertumbuhan yang sangat baik di bidang perdagangan dan jasa, membuat Pemerintah Kota Surabaya mulai mencoba mengangkat pariwisata Surabaya melalui wisata belanja. Pengembangan pariwisata di Surabaya melalui wisata belanja ini didukung oleh pertumbuhan pusat pusat perbelanjaan yang sangat cepat dan banyak dari tahun ke tahun. Dengan banyaknya pusat perbelanjaan yang berbeda-beda di Kota Surabaya, maka beragam jenis pula klasifikasi pusat perbelanjaan tersebut. Selain itu, dari perbedaan tersebut, dapat berbeda pula persepsi masyarakat untuk masing-masing pusat perbelanjaan atau mungkin untuk masing-masing kelompok pusat perbelanjaan. Persepsi masyarakat merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan pelayanan sarana perbelanjaan Kota Surabaya yang merupakan atraksi wisata utama dalam wisata belanja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah deskriptif dengan menggunakan analisis klasifikasi pusat perbelanjaan yang didasarkan pada teori dari Sihombing (2009) dan Sumartini (2011). Sedangkan metode yang kedua yaitu evaluatif dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis. Dari hasil analisis yang kedua ini, akan dihasilkan arahan perbaikan guna mengembangkan pusat perbelanjaan di Kota Surabaya menjadi lebih baik, sebagai bagian dari wisata belanja Kota Surabaya. Beragamnya pusat perbelanjaan di Kota Surabaya dapat diklasifikasikan menjadi 10 macam klasifikasi pusat perbelanjaan berdasarkan 2 teori tersebut. Sedangkan dari Importance Performance Analysis dihasilkan arahan perbaikan seperti peraturan dalam hal kerapian untuk menata sirkulasi barang dan manusia di dalam pusat perbelanjaan, pengembangan dari segi informasi keparwiwisataan, peningkatan kebersihan oleh masing-masing pusat perbelanjaan untuk menjaga kenyamanan pengunjung, pengembangan sistem transportasi yang terpadu dan memadai, peningkatan sistem keamanan di seluruh bagian mall, penyediaan lahan parkir dalam pengembangan pusat perbelanjaan tersebut, peningkatan kreativitas dari masing-masing pusat perbelanjaan, untuk memberikan tampilan yang berbeda, dan pengadaan even-even tertentu yang berlangsung secara periodik, akan membuat pengunjung semakin tertarik untuk mengunjungi pusat perbelanjaan. Perbaikan-perbaikan tersebut, diharapkan dapat membantu mengembangkan wisata belanja Kota Surabaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/65/051303470
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 Apr 2013 09:10
Last Modified: 21 Oct 2021 12:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142326
[thumbnail of 3._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
3._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_II.pdf]
Preview
Text
5._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_I.pdf]
Preview
Text
4._BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12._JURNAL_.pdf]
Preview
Text
12._JURNAL_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_III.pdf]
Preview
Text
6._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._Pembatas_Lampiran.pdf]
Preview
Text
10._Pembatas_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item