Perilaku Striation Pada Penampang Patah Pelat Aluminium Di Sekitar Daerah Stop Drilled Hole

Mulya, FanniAdi (2013) Perilaku Striation Pada Penampang Patah Pelat Aluminium Di Sekitar Daerah Stop Drilled Hole. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemeriksaan Terhadap Kontruksi Pesawat Terbang Harus Sering Dilakukan Khususnya Mengetahui Retak Yang Terjadi Pada Bagian Body Pesawat, Jika Sudah Terjadi Retak Terdapat Metode Dalam Menghambat Perambatan Retak Yaitu Dengan Melakukan Pengeboran Ujung Retak Dan Dilanjutkan Dengan Tiga Perlakuan, Yaitu Lubang Diperluas ( Reamed ), Lubang Dimandrel, Dan Memasukkan Pin Ke Lubang Hasil Pemandrelan. Pada Penampang Retak Terdapat Fatigue Striations Yang Merupakan Tanda Awal Terjadi Retak Dan Retak Merambat Akibat Dari Beban Siklus. Penelitian Tentang Striations Pada Penampang Setelah Diberikan Lubang Penghambat Retak Atau Stop Drilled Hole Dilakukan Untuk Mendapatkan Bahwa Metode Tersebut Adalah Dapat Menghambat Penjalaran Retak. Dengan Melihat Distribusi Tegangan Yang Terdapat Pada Daerah Sekitar Stop Drilled Hole Dapat Diketahui Dan Disimpulkan Faktor Terjadinya Striations . Pada Penelitian Mengguanakan Dua Metode Yaitu Metode Eksperimental Dengan Menggunakan 2 Buah Pelat Aluminium Murni Pada R=-1 Dan R=-1,5 Dan Menggunakan Metode Simulasi Dengan Pemodelan 4 Buah Pelat (Tanpa Stop Drilled Hole Dan Dengan Stop Drilled Hole ) Dengan Menggunakan Rasio Perbandingan Tegangan R=-1 Dan R=-1,5 Menggunakan Software Berbasis Metode Elemen Hingga Yaitu Abaqus CAE 6.11. Variable Bebas Yang Dimasukkan Adalah R=-1 Smax=25 Mpa Dan Smin=-25 Mpa Sedangkan R=-1,5 Smax=37,5 Mpa Dan Smin=-25 Mpa. Varibel Terikatnya Adalah Striasi Yang Terjadi Pada Penampang Patah Pelat. Sedangkan Variabel Terkontrolnya Adalah Material Berupa Aluminium Murni Dan Dimensi Dari Pelat. Hasil Yang Didapat Adalah Ukuran Striations Pada Pelat Dengan Penambahan Stop Drilled Hole Ukurannya 383 Nm Lebih Kecil Daripada Pelat Tanpa Penambahan Stop Drilled Hole Yaitu 1,36 Μm. Dari Hasil Simulasi Didapatkan Bahwa Pengaruh Penambahan Stop Drilled Hole Baru Akan Terlihat Pada Siklus Ke-3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/535/051400145
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jan 2014 14:19
Last Modified: 21 Oct 2021 12:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142267
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-5.pdf]
Preview
Text
BAB_1-5.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Cover+Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Cover+Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item