Sistem Pengendalian Suhu Pada Tungku Bakar Menggunakan Kontroler PID

Wiradhana, Raditya (2013) Sistem Pengendalian Suhu Pada Tungku Bakar Menggunakan Kontroler PID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini masih banyak tungku bakar berbahan bakar gas yang dikendalikan secara manual. Misalnya pada valve tungku bakar yang masih diputar secara manual dengan melihat warna api pada burner. Hal ini memiliki resiko yang cukup tinggi, karena tungku bakar yang dikendalikan secara manual memiliki tingkat kesalahan yang besar dibandingkan dengan tungku bakar yang dikendalikan secara otomatis. Salah satu solusi dari hal tersebut yaitu menggunakan tungku bakar yang dapat dikendalikan secara otomatis dengan menggunakan metode kontrol PID. Salah satu keuntungan kontrol PID adalah memiliki respons yang halus dan cepat. Pada skripsi ini digunakan metode hand tunning. Dalam pembuatannya digunakan Arduino Uno Rev3, sensor suhu PT100, motor servo. Dari hasil pengujian terhadap aplikasi kontroler PID dengan menggunakan metode hand tunning ini didapatkan nilai Kp = 1, Ki = 0,15, dan Kd = 0 yang menunjukkan bahwa respons sistem untuk pengendalian suhu sesuai trayek pembakaran mempunyai rata-rata error sebesar 1.877%. Dari pengujian juga didapatkan toleransi kesalahan sebesar 2% - 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/529/051400058
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Jan 2014 13:59
Last Modified: 21 Oct 2021 12:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142262
[thumbnail of Skripsi_Raditya_Wiradhana.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Raditya_Wiradhana.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item