Pengaturan Kecepatan Hisap Dan Kecepatan Tiup Sucking Blowing Machine Untuk Mengurangi Jumlah Partikel Pada Produk Switch Type D3v Dengan Response Surface Method

Pramudya, MochamadRiky (2013) Pengaturan Kecepatan Hisap Dan Kecepatan Tiup Sucking Blowing Machine Untuk Mengurangi Jumlah Partikel Pada Produk Switch Type D3v Dengan Response Surface Method. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Omron Manufacturing Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi electronic devices (switch dan relay) , pengendali terprogram, komponen pengendalian, dan banyak produk lainnya omron. Pada produksi switch sering terjadi kerusakan pada fungsi switch tersebut. Kerusakannya adalah tidak berfungsinya switch dalam menyambungkan atau menghantarkan arus listrik dari satu konduktor ke konduktor yang lain. Masalah tersebut dikarenakan masih terdapat banyak partikel debu yang menghalangi permukaan contact dan menyebabkan arus tidak dapat mengalir melalui contact . Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model matematis yang dapat menggambarkan hubungan antara kecepatan hisap dan kecepatan tiup dengan jumlah partikel, sehingga dapat mengetahui variasi kecepatan hisap dan kecepatan tiup yang optimal untuk mendapatkan jumlah partikel paling sedikit pada produk switch . Sucking blowing machine adalah salah satu mesin penting pada proses produksi switch . Sucking blowing machine berfungsi untuk mengurangi partikel atau kotoran yang ada pada produk switch , sehingga kinerja produk tidak terganggu dan dapat mengurangi barang yang reject karena cacat. Oleh karena itu pengaturan kecepatan hisap dan kecepatan tiup yang optimal perlu untuk diketahui. Pendekatan optimasi dilakukan untuk menentukan variabel kombinasi dari kecepatan hisap dan kecepatan tiup untuk mendapatkan jumlah partikel yang paling sedikit pada produk. Dalam penelitian ini metode optimasi yang digunakan adalah response surface method . Desain response surface method dianggap sangat efisien digunakan pada penelitian ini karena bisa menggunakan minimal hanya dengan dua variabel bebas. Dengan aplikasi dari response surface method akan mengahasilkan hubungan matematis antara kecepatan hisap dan kecepatan tiup untuk mendapatkan jumlah partikel paling sedikit pada produk. Pada penelitian optimasi pengaturan sucking blowing machine ini, variabel kecepatan tiup dilambangkan x 1 dan kecepatan hisap dilambangkan x 2 dengan masing-masing variasi kecepatan tiup 27, 28, 29 m/s, dan kecepatan hisap 17, 18, 19 m/s. Dari hasil perhitungan dengan response surface method diperoleh persamaan empiris y =7,000 + 0,854x 1 – 1,030x 2 – 0,438x 12 - 0,688 x 2 2 dengan kecepatan tiup dan kecepatan hisap yang optimal berturut-turut adalah 26,6 m/s dan 19,4 m/s. Dengan menggunakan nilai kecepatan tiup dan kecepatan hisap tersebut, jumlah partikel yang terdapat pada produk adalah 2 partikel .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/358/051307880
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2013 10:30
Last Modified: 21 Oct 2021 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142086
[thumbnail of 051307880.pdf]
Preview
Text
051307880.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item