Perancangan Sistem Monitoring Loading Arm di PT Badak Bontang Berbasis Mikrokontroloer ATMega8

Gutama, Edwin (2013) Perancangan Sistem Monitoring Loading Arm di PT Badak Bontang Berbasis Mikrokontroloer ATMega8. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Badak merupakan penghasil gas alam cair yang ditunjang peralatan elektronik modern.Gas alam diolah melalui tahap tertentu hingga menjadi cair dan disimpan dalam tanki.Hasilnya dikirim ke negara-negara lain dengan kapal tanker.Terdapat Loading Arm yang berfungsi sebagai lengan penghubung antara dermaga dengan kapal untuk mengalirkan gas alam cair.Pada awalnya Loading Arm tidak memiliki sistem monitoring untuk memantau pergerakannya dan hanya mengandalkan limit switch sebagai sensor pengaman.Pada akhirnya digunakanlah Position Monitoring System (PMS) buatan FMC Europe.Namun, karena rusak dan harganya yang mahal maka PT Badak tidak memakai sistem tersebut dan kembali menggunakan limit switch sebagai pengaman.Oleh karena itu, penulis mencoba merancang dan membuat sistem monitoring yang dapat digunakan untuk memantau pergerakan Loading Arm. Pada perancangan dan pembuatan sistem ini, sensor yang diganakan untuk membaca sudut pergerakan Loading Arm menggunakan modul sensor potensiometer dan dikonversi menjadi sudut yang kemudian dikirim melalui komunikasi serial untuk ditampilkan di komputer. Terdapat beberapa parameter yang ditampilkan seperti DEPTH, WIDTH, DISTANCE dan HEIGHT serta alarm peringatan dan gambar pergerakan Loading Arm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/345/051309343
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Oct 2013 11:48
Last Modified: 21 Oct 2021 11:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142072
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item