Pengaruh Pemilihan Moda Angkutan Umum Terhadap Kebutuhan Ruang Parkir Kawasan Perdagangan Kabupaten Gresik

Kartikasari, Gitanandya (2013) Pengaruh Pemilihan Moda Angkutan Umum Terhadap Kebutuhan Ruang Parkir Kawasan Perdagangan Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk di Kabupaten Gresik berpengaruh pada tingginya frekuensi kegiatan di pusat-pusat perniagaan dan sebagian masyarakat banyak yang menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut mendorong tingginya motorisasi penduduk khususnya di daerah Pasar Kota dan kawasan perdagangan di Jalan Haji Samanhudi dan Jalan Gubernur Suryo. Angkutan umum yang ada di Kabupaten Gresik dinilai belum dapat memberikan pelayanan yang memadai, hal tersebut terlihat dari masih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil dan sepeda motor. Kecenderungan peningkatan penggunaan kendaraan pribadi akan meningkatkan kebutuhan akan fasilitas parkir. Penggunaan fasilitas parkir pada badan jalan akan menghambat lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui probabilitas pemilihan moda angkutan umum pengunjung kawasan perdagangan berdasarkan persepsi dan preferensi pengguna serta pengaruhnya terhadap kebutuhan ruang parkir. Pemodelan pemilihan moda dilakukan berdasarkan preferensi responden seandainya beberapa variabel mengalami perbaikan. Faktor pelayanan moda yang diteliti yaitu tarif, selisih waktu perjalanan, jumlah maksimum penumpang, waktu tunggu, jarak berjalan kaki menuju halte dan waktu ngetem angkutan umum. Analisis uji statistik model menunjukkan bahwa variabel selisih waktu perjalanan dan jumlah maksimum penumpang secara siginifikan mempengaruhi responden dalam memilih moda. Model regresi logit yang dihasilkan yaitu Zangkutan umum = 3,939 + 0,080X2 – 0,419X3. Uji sensitivitas dengan model tersebut menghasil nilai probabilitas pemilihan moda angkutan umum sebesar 83%. Peluang tersebut dapat mengurangi akumulasi parkir pada jam puncak parkir sebesar 464 kendaraan/jam sehingga dapat mengurangi luas ruang parkir sebesar 1818 m2. Berdasarkan persepsi kepuasan dan preferensi pemilihan moda, diketahui bahwa peluang pengguna angkutan umum pada pengunjung di kawasan perdagangan mengalami peningkatan jika terjadi peningkatan pada kualitas pelayanan moda sehingga dapat mengurangi kebutuhan ruang parkir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/197
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 08 Jul 2013 14:42
Last Modified: 21 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141916
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_.pdf]
Preview
Text
BAB_III_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item