Karakteristik Air Conditioner P.A. Hilton Dengan Variasi Isian Massa Refrigeran Alternatif Lpg-Co2

Yuniardi,DedyPrima (2012) Karakteristik Air Conditioner P.A. Hilton Dengan Variasi Isian Massa Refrigeran Alternatif Lpg-Co2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hidrokarbon sebagai refrigeran dalam sistem refrigerasi telah dikenal sejak tahun 1920-an, sebelum refrigeran sintetik dikenal. Ilmuwan yang tercatat sebagai promotor hidrokarbon sebagai refrigeran antara lain Linde (1916) dan Ilmuwan Dunia Albert Einstein (1920). Hidrokarbon kembali diperhitungkan sebagai alternatif pengganti CFC, setelah aspek lingkungan mengemuka, dan timbulnya permasalahan dalam peralihan dari CFC ke HFC. Adapun kekurangan dari refrigeran hidrokarbon yakni dapat terbakar ( flammable ). Dari kekurangan tersebut terdapat beberapa penelitian telah dilakukan untuk mendapatkan senyawa yang mampu menghambat pembakaran hidrokarbon. Salah satunya yaitu penggunaan inhibitor sebagai zat penghambat laju reaksi pembakaran seperti karbondioksida (CO2) yang merupakan inhibitor alami yang tidak memberikan efek negatif terhadap lingkungan. Penambahan isian massa refrigeran alternatif dapat berpengaruh terhadap karakteristik dari mesin pendingin Pada penelitian ini digunakan instalasi mesin A.C. Bench, P.A. Hilton. Ltd. Serial No. A573/41154 , LPG sebagai refrigeran dan CO2 sebagai inhibitor dengan variasi isian massa refrigeran alternatif yang digunakan adalah 250; 300; 350gram dengan perbandingan konsentrasi campuran LPG: CO2 sebesar 90:10%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin meningkatnya isian massa refrigeran alternatif menyebabkan COP semakin menurun, karena kerja kompresor yang diperlukan untuk menaikkan temperatur dan tekanan refrigeran semakin besar dan meningkatnya isian massa refrigeran alternatif menyebabkan efek refrigerasi menurun karena semakin besar beban pada evaporator. Jumlah kalor yang dibutuhkan dari luar semakin besar. Hasil yang optimum dari penelitian ini yakni pada isian massa refrigeran alternatif LPG-CO2 250 gram dengan kecepatan aliran udara 1,903 m/s nilai COP sebesar 3,727.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/96/051201088
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Aug 2012 13:59
Last Modified: 21 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141810
[thumbnail of 1.COVER_DEDY.pdf]
Preview
Text
1.COVER_DEDY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
5.DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
6.RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item