Perancangan dan Pembuatan Automatic Lap Timming Pada Gokart Race.

Luqmanda, IndraBayu (2012) Perancangan dan Pembuatan Automatic Lap Timming Pada Gokart Race. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pencatatan waktu yang digunakan untuk penilaian suatu perlombaan gokart dalam sebuah kompetisi masih menggunakan sistem manual. Hal ini dapat menimbulkan banyak kecurangan dan tingkat kepresisian pencatatan waktu pada setiap perlombaan sangatlah kurang,untuk mengatasi hal tersebut dibuat alat pencatat waktu otomatis pada perlombaan gokart. Alat ini menggunakan sensor infrared yang dikontrol menggunakan mikrokontroler. Apabila sensor infrared transmitter pada gokart melewati garis finish maka infrared transmitter akan mengirimkan data. Data yang dikirimkan oleh infrared transmitter pada masing-masing gokart berbeda-beda, hal ini bertujuan untuk membedakan gokart mana yang telah melewati garis finish dan mencatat waktu yang di peroleh pada masing-masing gokart yang telah melewati garis finish.Hasil pengujian yang diperoleh adalah infrared transmitter pada masing-masing gokart dapat terdeteksi oleh infrared receiver . Pengujian keakuratan waktu yang di peroleh memiliki error yang cukup kecil yaitu 0,75%. Dari beberapa hasil pengujian diatas dapat disimpulkan bahwa alat ini mampu dan layak menggantikan sistem lama yang menggunakan pencatatan waktu secara manual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/421/051202846
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Nov 2012 11:39
Last Modified: 20 Oct 2021 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141575
[thumbnail of Cover_+Kata_Pengantar+daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Cover_+Kata_Pengantar+daftar_isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Presentasi_skripsi.pdf]
Preview
Text
Presentasi_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item