Sanata, HesiekaDona (2012) Instrumen Penampil Pola Dasar Ketukan Untuk Pembelajaran Alat Musik Drum Set. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Alat musik drum atau yang dikenal dengan drum set adalah salah satu jenis alat musik perkusi yang terdiri dari beberapa bagian. Secara umum drum set terdiri dari snare drum, tom-tom, dan bass drum. Pemula dapat belajar memainkan alat musik drum set dengan membaca notasi balok paranada drum set. Di sekolah musik drum set diajarkan dengan cara pembacaan notasi balok paranada. Seringkali para siswa dan guru pengajar alat musik drum set kesulitan dalam mengajar para pemula dikarenakan kurangnya sarana untuk membantu pengajaran dan pembelajaran alat musik ini dengan pembacaan notasi balok paranada. Oleh karena itu diperlukan sebuah instrumen untuk membantu pembelajaran yang dapat menunjukkan pola ketukan drum set sebagai interpretasi dari paranada drum set. Instrumen penampil pola dasar ketukan untuk pembelajaran alat musik drum ini terdiri dari LCD dan panel penampil pola yang dapat menampilkan pola ketukan alat musik drum set tertentu. Alat ini menggunakan mikrokontroler ATmega16, keypad 3x4 dan LCD 16x2 untuk menampilkan antarmuka menu pemilihan pola. Bagian penampil pola menggunakan transistor darlington sebagai saklar digital untuk menggerakan lampu 1 A dengan nilai RB sebesar 2700 ohm. Alat ini berisi 10 pola ketukan dasar dengan 100% dapat menunjukkan pola ketukan dasar dengan baik pada panel penampil pola dan antarmuka menu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2012/361/051202795 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 10:14 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141516 |
Preview |
Text
MAKALAH_SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |