Pengaruh Variasi Panjang Dan Lokasi Pile Sebagai Perkuatan Tanah Pada Pemodelan Fisik Stabilitas Lereng Tanah Pasir Dengan Dr 88%

Susanti, Fitri (2012) Pengaruh Variasi Panjang Dan Lokasi Pile Sebagai Perkuatan Tanah Pada Pemodelan Fisik Stabilitas Lereng Tanah Pasir Dengan Dr 88%. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbukitan merupakan salah satu bentuk topografi yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia.Hal ini berimbas pada sering terjadinya bencana longsor.Oleh karena itu perlu dilakukan upaya stabilitas lereng.Beberapa hal dapat dilakukan untuk meningkatkan stabilitas lereng, salah satunya yaitu dengan memberi perkuatan atau reinforcement.Dalam penelitian yang dilakukan, dipilih pile sebagai perkuatan. Model pile dibuat dengan berbagai variasi untuk mengetahui pengaruh safety factor terhadap variasi yang diberikan Permodelan lereng pasir dibuat didalam box yang berukuran panjang 1,50 m, lebar 1,0 m dan tinggi 1,0 m. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi perkuatan optimum, dan panjang optimum. Kepadatan relatif tanah yang dimodelkan sebesar 88%. Proses pemadatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan cara membagi lereng model sebanyak tujuh lapisan dan dipadatkan dengan proctor standart dengan jumlah tumbukan berdasarkan hasil trial dan error kepadatan.Kontrol kepadatan dilakukan denganuji density dan kadar air di setiap percobaan.Uji pembebanan dilakukan secara bertahap hingga lereng mencapai keruntuhan. Untuk analisis laboratorium didapatkan data penurunan tanah, perpindahan horizontal pile dan regangan pile. Sedangkan untuk analisis faktor keamanan, didapat dengan bantuan software Plaxis 8.2 yang berlandaskan Finite Element Methode Hasil dari penambahan perkuatan pile dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model lereng mengalami peningkatan daya dukung dan peningkatan safety factor secara signifikan. Dimana lokasi terbaik perkuatan pile adalah pada posisi tengah atas dan panjang optimum yang dihasilkan adalah sebesar 45 cm. Berdasarkan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa semakin panjang pile maka penambahan daya dukung dan safety factorakan semakin besar. Sedangkan lokasi yang terbaik pemasangan pile adalah di daerah keruntuhan lereng sebelah atas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/354/051202788
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Nov 2012 09:30
Last Modified: 20 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141509
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.DAFTAR_KELENGKAPAN.pdf]
Preview
Text
1.DAFTAR_KELENGKAPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.BAB_1.pdf]
Preview
Text
2.BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.BAB_2.pdf]
Preview
Text
2.BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3.BAB_3.pdf]
Preview
Text
3.BAB_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4.BAB_4.pdf]
Preview
Text
4.BAB_4.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 5.BAB_5.pdf]
Preview
Text
5.BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_pustaka_fix.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka_fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item