Pengaruh Temperatur Penuangan Pada Die Casting Terhadap Kualitas Hasil Produk Cover Cylinder Head Berbahan Paduan (Al-Mg-Si)

Paringkat,GatyaAdhi (2012) Pengaruh Temperatur Penuangan Pada Die Casting Terhadap Kualitas Hasil Produk Cover Cylinder Head Berbahan Paduan (Al-Mg-Si). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri otomotif sekarang ini sangatlah pesat. Komponen otomotif kendaraan yang memiliki karakteristik baik diperlukan untuk mendukung sebuah kendaraan. Komponen otomotif membutuhkan material yang kuat, tetapi juga harus ringan, tahan korosi dan mampu menahan beban yang besar. Berbagai metode dikembangkan untuk mendapatkan produk pengecoran yang lebih baik salah satunya adalah Die Casting . Die Casting adalah salah satu metode pengecoran dengan cara menginjeksi cairan logam ke dalam cetakan dengan kecepatan dan tekanan tertentu. Die casting dibagi menjadi dua kategori yaitu Cold Chamber dan Hot Chamber . Hot Chamber Die Casting biasanya digunakan untuk logam dengan temperatur cair yang rendah dan logam yang tidak bereaksi membentuk paduan dengan logam die (baja) seperti timah hitam, timah putih dan zinc. Cold Chamber Die Casting digunakan untuk logam dengan temperatur cair tinggi seperti aluminium dan tembaga (dan paduannya). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental nyata( trueexperimental research ) variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu pada temperatur 7000C,8000C dan 8500C, variabel terikat yaitu kualitas hasil produk cover cylinder head dan variabel terkontrol adalah tekanan hidrolis 30 bar, kecepatan penekanan 20 m/s, volume logam cair yang dituang 188,71 mm2 dan temperatur cetakan 3000C yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperatur penuangan pada Die Casting terhadap kualitas hasil produk Cover Cylinder Head berbahan paduan Al-Mg-Si. Kajian literatur dari berbagai sumber baik dari buku, jurnal yang ada di perpustakaan maupun dari internet juga dilakukan untuk menambah informasi yang diperlukan. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil pengecoran Die Casting dengan temperatur penuangan 8000C memiliki cacat permukaan paling sedikit dan dimensi coran mendekati sempurna dan pada penuangan dengan temperatur 8500C di dapatkan cacat permukaan paling banyak dan dimensi coran dikarenakan ada perbedaan kelarutan Hidrogen pada hasil coran dengan masing-masing temperatur penuangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/110/051201185
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2012 11:56
Last Modified: 20 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141254
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
2.BAB_I-V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
3.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item