Putro, Bariq Najmi Rizqullah Kartiko (2018) Implementasi Pure Data Programming Untuk Generate Real-Time Audio Synthesis Pada Platformer Game. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Audio memainkan peran yang sangat penting di dalam suatu permainan selain dari komponen lain pengembangan sebuah permainan. Secara tradisional, teknologi audio dihasilkan dengan proses perekaman atau recording. Dengan menggunakan proses perekaman, hasil yang didapatkan adalah serangkaian gelombang amplitudo, yang mana mengandung suara-suara dari hasil perekaman. Hasil dari perekaman tersebut menghasilkan suatu data. Ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan sebuah data suara yaitu, setiap 1 menit dari suara stereo dengan sample rate 44,1 kHz membutuhkan 10 megabyte ruang penyimpanan. Terdapat teknologi audio yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan permainan. Pure Data merupakan bahasa pemrograman visual untuk tujuan multimedia. Pure Data dapat digunakan untuk proses dan menghasilkan suara, video, grafis dua Dimensi atau tiga dimensi, dan sebuah MIDI (Musical Intrument Digital Interface) dalam kepentingan insinyur audio. Selain itu, terdapat kerangka kerja alat bantu Heavy untuk menghasilkan audio tambahan menjembatani implementasi dari Pure Data ke Unity. Heavy menggunakan prinsip perangkat lunak modern untuk menghasilkan kode. Pada penelitian kali ini dibahas mengenai efek suara dan musik latar. Semua aset suara yang dihasilkan akan diimplementasikan ke dalam permainan. Hasil dari penelitian ini adalah perbandingan ukuran dokumen dari ketiga jenis suara yaitu, efek suara, musik latar, dan musik menu utama. Pure Data menghasilkan prosedural audio yang merupakan jenis audio dinamis. Kelebihan dari audio dinamis adalah efek suara yang dihasilkan memberikan kontribusi keterlibatan emosional kepada pemain. Kerangka kerja Heavy digunakan untuk mengimplementasikan Pure Data ke Unity. Terdapat dua pengujian untuk menguji Pure Data yaitu, dengan pengujian unit dan validasi.
English Abstract
Audio plays a very important role in the game besides the another component of game development. Traditional audio technology has its foundations in recording. By using the recording processs, the result obtained are a series of amplitude waves, which contain sounds from recording. The result of the recording produce a data. The storage space needed to store a sound data is every 1 minute of stereo sound with a 44,1 kHz sample rate requires 10 megabyte of storage space. There is an audio technology that can be used in game development. Pure Data is visual programming language for multimedia purpose. Pure Data can be used to process and generate sound, video, 2D or 3D graphics and MIDI for sound engineering purpose. Furthermore, there is framework called Heavy for easily generating audio plugins, used in implementating Pure data to Unity. Heavy make use of modern software pronciples to generate highly optimized code. In this study discussed the sound effects and background music. Sound assets will be implemented into the game. The result of this study are the comparison of document sizes of the three types of sound, sound eefect, background music, and main menu music. Pure Data generate procedural audio which is a dynamic type of audio. The advantage of dynamic audio is sound effects that contribute to emotional involvement of the player. Heavy framework is used to implement Pure Data to unity. There are two types of testing Pure Data, unit testing and validation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/831/051810239 |
Uncontrolled Keywords: | Pure Data, Unity, Heavy Audio Tools, Efek Suara, Musik Latar Pure Data, Unity, Heavy Audio Tools, Sound Effect, Background Music |
Subjects: | 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 02:36 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14106 |
Preview |
Text
Bariq Najmi Rizqullah Kartiko Putro.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |