Pengaruh Temperatur Preheating Cetakan Terhadap Kekuatan Tarik dan Porositas Coran (Al-Mg-Si) Hasil Pengecoran Sentrifugal Horisontal.

PradityaWahyuanaPutra (2010) Pengaruh Temperatur Preheating Cetakan Terhadap Kekuatan Tarik dan Porositas Coran (Al-Mg-Si) Hasil Pengecoran Sentrifugal Horisontal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengecoran sentrifugal horisontal adalah salah satu metode pengecoran logam yang mampu menghasilkan produktivitas yang tinggi, penggunan ruangan yang kecil dan ekonomis. Akan tetapi permasalahan yang sering timbul pada pengecoran ini adalah timbulnya cacat dari hasil coran yaitu salah satunya adalah porositas gas. Porositas dapat terjadi karena terjebaknya gelembung-gelembung gas pada logam cair ketika dituangkan dalam cetakan. Adanya cacat porositas ini akan memberikan pengaruh terhadap kualitas dan kekuatan produk hasil pengecoran. Dalam pengecoran sentrifugal solidification structure dari coran mempunyai pengaruh yang besar terhadap hasil coran tersebut, temperatur preheating cetakan merupakan salah satu parameter yang mempengaruhi solidification structure . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh temperatur preheating cetakan terhadap porositas dan kekutan tarik aluminium paduan (Al-Mg-Si) hasil pengecoran sentrifugal horisontal dengan variasi temperatur preheating cetakan yaitu 50ºC, 100ºC, 200ºC, 300ºC, 400ºC, 500 ºC. Dengan menggunakan temperatur penuangan 800ºC dan kecepatan putar cetakan sebesar 1450 rpm. Dari hasil penelitian ini didapatkan nilai porositas rata-rata cenderung meningkat dengan naiknya temperature preheating cetakan. Nilai porositas rata-rata tertinggi ada pada preheating 400 ⁰ C yaitu sebesar 0,859% sedangkan yang terendah pada preheating 50 ⁰ C dengan 0,331 %. Peningkatan porositas yang terjadi akibat dari peningkatan kadar gas hidrogen terlarut dan terjebak saat logam membeku. Dari hasil pengujian tarik kekuatan tarik cenderung menurun dengan kekuatan tarik tertinggi ada pada variasi preheating 50 ⁰ C yaitu sebesar 213.45 N/mm² dan yang terendah pada variasi preheating cetakan 400 ⁰ C yaitu 152,16 N/mm². Penurunan kekuatan tarik ini disebabkan semakin besarnya struktur butiran logam hasil coran. Dengan semakin meningkatnya temperature preheating cetakan, maka gradient temperatur antara logam cair dengan cetakan menjadi semakin kecil sehingga solidifikasi logam berlangsung semakin lambat sehingga didapatkan struktur butiran yang semakin besar. Selain itu kekuatan tarik juga dipengaruhi oleh porositas coran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/696/051100058
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2011 14:05
Last Modified: 21 Oct 2021 01:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140558
[thumbnail of [1]_Cover.pdf]
Preview
Text
[1]_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of [3]_KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN,_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
[3]_KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN,_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of [6]_BAB_III.pdf]
Preview
Text
[6]_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of [2]_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
[2]_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of [5]_BAB_II.pdf]
Preview
Text
[5]_BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of [4]_BAB_I.pdf]
Preview
Text
[4]_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of [7]_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
[7]_BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of [8]_BAB_V.pdf]
Preview
Text
[8]_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of [9]_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
[9]_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item