Analisis Tegangan Akibat Pembebanan Statis pada Carbody Railbus dengan Metode Elemen Hingga.

WidaNingrum (2010) Analisis Tegangan Akibat Pembebanan Statis pada Carbody Railbus dengan Metode Elemen Hingga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Railbus adalah salah satu jenis kendaraan yang dioperasikan untuk jarak dekat. Meskipun dioperasikan di atas rel, konstruksi railbus lebih cenderung menyamai konstruksi bis dengan ukuran kecil dan penumpang sedikit karena tujuan pemakaiannya yang berkecepatan lebih cepat dari kereta biasa. Railbus yang memiliki beberapa perbedaan desain dari produk PT. INKA sebelumnya memerlukan adanya suatu pengujian kekuatan agar dapat diketahui keamanan produk yang akan dihasilkan. Railbus harus mampu menerima beban baik dari penumpang maupun dari beratnya sendiri, termasuk beban saat dilakukan penyambungan antar kereta. Penelitian dilakukan pada carbody TeC railbus dalam tiga kasus pembebanan yang berbeda yaitu kasus 1 yang mensimulasikan pembebanan yang terjadi pada carbody TeC saat railbus berada pada kondisi push, kasus 2 mewakili kondisi pembebanan pada carbody TeC railbus saat terjadi kompresi dari lokomotif lain pada proses kopel yang dilakukan untuk menyambung railbus dengan lokomotif lain, dan kasus 3 yang mewakili keadaan pembebanan yang diterima carbody TeC railbus saat adanya penarikan dari lokomotif lain saat railbus tidak beroperasi. Dari simulasi yang dilakukan diketahui sebaran dan besar tegangan yang terjadi pada desain konstruksi carbody TeC Railbus pada pembebanan statis. Hasil sebaran dan besar tegangan yang terjadi pada ketiga kasus yaitu nilai tegangan terbesar pada kasus pertama terjadi pada daerah frontpart dengan nilai tegangan yaitu 157,833 N/mm 2 , pada kasus kedua juga terjadi di daerah frontpart dengan nilai tegangan sebesar 195,033 N/mm 2 , dan pada kasus ketiga tegangan sebesar 140,615 N/mm 2 terjadi pada daerah crossbeam pada underframe. Ketiga tegangan yang terjadi pada ketiga kasus masih berada pada batas kekuatan material, sehingga dapat disimpulkan desain konstruksi carbody TeC Railbus dianggap mampu menerima pembebanan yang akan diterima Railbus saat beroperasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/520/051003119
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Nov 2010 15:24
Last Modified: 20 Oct 2021 09:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140437
[thumbnail of 051003119.pdf]
Preview
Text
051003119.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item