Pengaruh Variasi Camber Terhadap Lendutan dan Gaya Geser pada Jembatan Rangka Ruang B-Bone,

EnggaArdyWinata (2010) Pengaruh Variasi Camber Terhadap Lendutan dan Gaya Geser pada Jembatan Rangka Ruang B-Bone,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkaitan dengan moda transportasi darat yang sarat dengan kemudahan dalam perhubungan dan komunikasi, menjadikan jembatan sebagai infrastruktur paling vital. Mengingat Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan kondisi alam berupa bukit-bukit, pegunungan dan sungai-sungai besar serta kondisi tanah lunak (rawa-rawa dan gambut) yang tersebar diseluruh kepulauan, sehingga diperlukan masih banyak pembangunan dan rehabilitasi jembatan untuk pemantapan sistem jaringan transportasi sesuai dengan perkembangan teknologi. Dunia teknik sipil yang haus akan inovasi membuat para insinyur dituntut untuk menciptakan karya yang fantastis sehingga bisa menjadi icon suatu Negara. Seperti halnya model jembatan "B-Bone" yang telah lolos seleksi Kompetisi Jembatan Nasional V kategori jembatan kayu pada bulan Agustus 2009. Jembatan dengan model rangka ruang ini mematahkan konsep rangka bawah yang kurang ekonomis dan efisien bahan. Pada kenyataannya, jembatan ini harus dikaji ulang masalah desain strukturalnya, sehingga bisa menyempurnakan kekokohan jembatan. Analisis ulang menggunakan metode Camber , membuat jembatan B-Bone menjadi lebih kokoh terutama terhadap lendutan. Hal ini berkaitan dengan kesalahan yang terjadi antara desain struktural dengan kondisi aktual pada tahapan pelaksanaan kontruksi. Hal ini tidak menutup kemungkinan lendutan menjadi lebih besar dari perhitungan perencanaan, dan tentunya metode Camber dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengantisipasi kesalahan tersebut. Dari perhitungan analisis yang menggunakan Camber 400 mm, dengan selisih jembatan yang dibebani dan yang tidak dibebani, lendutannya menjadi berkurang dari kondisi normal sebesar 9% serta menimbulkan peningkatan geser searah sumbu- x sebesar 21,97%. Pada sumbu-z juga terjadi peningkatan geser sebesar 6,707%, namun hasilnya cukup kecil sehingga bisa diabaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2010/503/051002702
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Oct 2010 13:35
Last Modified: 20 Oct 2021 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140417
[thumbnail of Cover+Pernyataan_Orisinalitas.pdf]
Preview
Text
Cover+Pernyataan_Orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar,_Daftar_Isi,_dll.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar,_Daftar_Isi,_dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Peruntukan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Peruntukan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item