Pengaruh Variasi Temperatur Solution Treatment pada Age Hardening Terhadap Konduktivitas Termal Paduan Aluminium Tembaga (Al-Cu)

AjiPrasetyaNugraha (2009) Pengaruh Variasi Temperatur Solution Treatment pada Age Hardening Terhadap Konduktivitas Termal Paduan Aluminium Tembaga (Al-Cu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perkembangan Industri saat ini logam memegang peranan yang sangat penting, aluminium merupakan salah satu logam ringan yang memiliki ketahanan korosi dan hantaran panas yang baik. Paduan aluminium tembaga (Al – Cu), adalah salah satu paduan aluminium dengan unsur paduan utamanya adalah cooper atau tembaga. Kelebihan dari paduan ini adalah dapat dikeraskan sampai hampir menyamai kekerasan baja karbon rendah tetapi memiliki keuletan yg lebih baik dari baja karbon rendah, selain itu tahan korosi dan nilai konduktivitas termal yang tinggi. Nilai konduktivitas termal yg tinggi sangat diperlukan pada pembuatan alat – alat yang berhubungan dengan penukar kalor, hal tersebut dikarenakan semakin tinggi nilai konduktivitas termal maka semakin meningkat juga efisiensi dari alat tersebut. Solution treatment adalah salah satu jenis perlakuan panas pada aluminium yang bertujuan meningkatkan kekerasan, menyeragamkan struktur butiran, dan juga mengurangi tegangan sisa. Konduktivitas termal adalah suatu besaran intensif bahan yang menunjukkan kemampuan suatu bahan untuk menghantarkan panas. Variabel bebas yang diteliti adalah temperatur solution treatment dengan temperatur 300 ° C, 350 ° C, 400 ° C, 450 ° C, 500 ° C sedangkan temperatur precipitation treatment 270 ° C. Paduan aluminium tembaga seri 2017 merupakan variabel terikatnya dan variabel kendalinya adalah waktu holding, yaitu 5 menit, 10 menit dan 15 menit. Pada penelitian ini nilai konduktivitas termal diukur dengan menggunakan Thermal Conductivity Measuring Apparatus yakni suatu alat yang berfungsi untuk mengukur nilai konduktivitas termal suatu material. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa variasi temperatur solution treatment dan waktu holding meningkatkan nilai konduktivitas termal paduan aluminium tembaga. Semakin tinggi temperatur solution treatment dan waktu holding konduktivitas termal mengalami peningkatan sampai titik puncak pada temperatur 450 °C dan holding 15 menit, nilai rata – rata konduktivitas termalnya adalah 305,67 (watt/m.°C). Sedangkan nilai konduktivitas termal terendah pada temperatur 300 °C dan holding 5 menit sebesar 231,77 (watt/m.°C). Nilai rata – rata konduktivitas termal spesimen tanpa perlakuan panas adalah 211,33 (watt/m.°C).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/500/050903244
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Dec 2009 09:53
Last Modified: 19 Oct 2021 20:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140098
[thumbnail of 050903244.pdf]
Preview
Text
050903244.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item