“Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Kode Buku dengan Menggunakan Sistem RFID”

DwiAjengMeilaniar (2009) “Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Kode Buku dengan Menggunakan Sistem RFID”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa perubahan besar bagi umat manusia. Terdapat banyak sarana yang dapat digunkan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut, seperti media internet yang saat ini menjadi sarana yang amat digemari oleh masyarakat dikarenakan sistemnya yang cepat dalam menemukan apa yang dicari. Namun ditengah maraknya penggunaan internet masih saja ada yang menggunakan perpustakaan sebagai sarana untuk menimba ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan perpustakaan memnyimpan berbagai macam buku dari segala bidang dan mulai dari tahun-tahun yang mungkin tidak didapatkan dari media internet. Dengan banyaknya jenis dan judul buku di dalam perpustakaan ini, maka agaknya seseorang sulit untuk menemukan satu dari sekian buku-buku tersebut. Hal ini dapat membuat waktu terbuang percuma untuk menemukan satu judul saja. Salah satu cara dalam mengatasi masalah ini adalah dengan membuat alat yang dapat mendeteksi kode-kode buku yang dicari sehingga dapat memudahkan pencarian buku didalam perpustakaan. Alat pendeteksi kode buku ini memanfaatkan sistem RFID ( Radio Frequency Identification ) yang dapat mengidentifikasi seseorang atau objek dengan menggunakan frekuensi transmisi radio. Dengan menggunakan mikrokontroler ATmega8535 sebagai pengendali utama, mikrokontroler mengendalikan keypad dan RFID sebagai masukan, LCD dan buzzer sebagai keluaran. Keypad digunakan untuk memasukkan kode buku yang dicari yang ditampilkan melalui LCD, kemudian alat diarahkan pada tumpukan buku yang ada dalam rak buku, dimana buku-buku yang ada dalam perpustakaan telah dipasang tag RFID. RFID reader yang terdapat dalam alat membaca kode yang ada pada tag RFID melalui antenna. Setiap pembacaan RFID reader berhasil LED akan menyala, kemudian kode-kode dari masukan keypad dan RFID dibandingkan oleh mikrokontroler. Jika kode-kode yang dibandingkan sama maka buzzer berbunyi yang menunjukkan buku yang dicari ketemu. Berdasarkan pengujian, RFID reader dalam melakukan pembacaan dua tag RFID atau lebih dilakukan secara bergantian, hal ini memudahkan alat dalam membandingkan tiap kode pada tag RFID dengan kode masukan keypad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2009/447/050903039
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Nov 2009 11:34
Last Modified: 19 Oct 2021 20:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140039
[thumbnail of 050903039.pdf]
Preview
Text
050903039.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item