Pengaruh Ukuran Butir Soda Lime Glass Sebagai Penguat Komposit Matrik Polipropilen Terhadap Kekuatan Tarik dan Kekuatan Impak,

Muchlasin (2007) Pengaruh Ukuran Butir Soda Lime Glass Sebagai Penguat Komposit Matrik Polipropilen Terhadap Kekuatan Tarik dan Kekuatan Impak,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan material komposit mempunyai banyak keuntungan antara lain bobotnya ringan tetapi mempunyai kekuatan dan kekakuan yang baik. Hasil akhir (permukaan) yang baik, biaya produksi lebih murah dan tahan terhadap korosi. Sedangkan kelemahannya, peka terhadap perubahan temperatur yang drastis, perbaikannya lebih sulit bila terjadi kerusakan. Untuk meningkatkan sifat mekanik komposit, bahan pengisi (filler) ditambahkan ke matrik komposit berupa serat ataupun serbuk ( particulate). Dengan menggunakan filler mineral anorganik ke komposit polimer akan dapat meningkatkan kekuatan mekaniknya. Pada umumnya sifat mekanik dari komposit polimer dengan filler serbuk sangat tergantung pada ukuran butir, bentuk dan distribusi butir filler pada matrik polimer dan adesifitas yang baik pada permukaan kontak. Sampah kaca yang menjadi masalah bagi lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai pengisi atau penguat untuk komposit polipropilen. Penelitian ini, meneliti tentang pengaruh ukuran butir serbuk kaca soda lime glass terhadap Kekuatan tarik dan kekuatan impak komposit serbuk kaca-polipropilen. Variasi ukuran butir yang digunakan pada penelitian ini adalah 45 μ m, 90 μ m, 160 μ m, 250 μ m,315 μ m. Kemudian dilakukan pengujian tarik dan pengujian impak sebanyak tiga kali pengulangan. Dari hasil pengolahan data penelitian dan pembahasan didapatkan bahwa semakin kecil ukuran butir serbuk kaca soda lime glass kekuatan tarik komposit mengalami peningkatan. Sedangkan kekuatan impaknya juga semakin meningkat seiring dengan semakin kecilnya ukuran butir serbuk kaca soda lime glass.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2007/492/050702842
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2007 00:00
Last Modified: 22 Oct 2021 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138729
[thumbnail of 050702842.pdf]
Preview
Text
050702842.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item