MansurAkhirrudin (2007) Persentase Penurunan Lendutan Model Jembatan Rangka Baja Akibat Penggunaan Kabel Prategang Eksternal Tipe segitiga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan dunia konstruksi jembatan telah berhasil mengembangkan perencanaan jembatan rangka baja prategang. Konsep dasarnya adalah dengan memberikan tegangan awal pada struktur rangka jembatan. Perencanaan jembatan rangka baja prategang mampu menghemat jumlah struktur baja yang dibutuhkan, selain itu dapat juga digunakan sebagai alternatif peningkatan kekuatan struktur jembatan. Salah satu indikasi adanya peningkatan kekuatan struktur jembatan dapat ditinjau dari penurunan lendutan yang terjadi. Penambahan kabel prategang pada struktur rangka jembatan digunakan untuk menghasilkan gaya prategang melalui proses jacking kabel. Gaya prategang ini digunakan untuk melawan lendutan akibat beban luar yang bekerja pada jembatan. Pada penelitian ini kabel prategang eksternal tipe segitiga akan digunakan pada model jembatan rangka baja dan diuji untuk mengetahui penurunan lendutannya. Model jembatan yang diuji adalah model jembatan rangka baja semi parabol tipe N tebalik dengan penambahan baja sling diameter 5 mm sebagi kabel prategang. Pengujian beban dilakukan terhadap model jembatan rangka tanpa prategang maupun terhadap model jembatan rangka dengan prategang. Beban uji berupa beban terpusat di tengah bentang model jembatan dengan variasi beban yang sama untuk kedua model jembatan, yaitu 0, 69 kg, 138 kg, dan 207 kg. Besarnya beban uji dan gaya prategang maksimum yang diberikan masih menyebabkan kondisi elastis pada model jembatan. Lendutan hasil pengujian kedua model jembatan dianalisis untuk mengetahui persentase penurunan lendutan akibat penggunaan kabel prategang. Berdasarkan hasil pengujian, lendutan maksimum pada model jembatan rangka tanpa prategang sebesar 2,050 mm ke bawah, sedangkan pada model jembatan rangka dengan prategang sebesar 1,390 mm ke bawah. Dari hasil tersebut didapatkan persentase penurunan lendutan maksimum akibat penggunaan kabel prategang eksternal tipe segitiga sebesar 32,195 % dari lendutan maksimum model jembatan rangka tanpa prategang sedangkan penurunan lendutan maksimum rata-ratanya sebesar 8,739 %.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2007/243/050701607 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Jul 2007 00:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138608 |
Preview |
Text
050701607.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |