Perancangan antar muka wireless infrared printer pada proses pengiriman data dengan menggunakan DST-51

Perdana, BahanaLelatu (2006) Perancangan antar muka wireless infrared printer pada proses pengiriman data dengan menggunakan DST-51. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wireless infrared printer merupakan salah satu pemanfaatan teknologi infra merah dalam komunikasi data, dimana proses pencetakan data oleh printer dapat dilakukan menggunakan media infra merah dengan jarak maksimal 6 meter. Wireless infrared printer ini mengombinasikan dua buah modul DST-51 yang berbasis mikrokontroler AT89C51 dengan dua buah infrared transceiver. Wireless infrared printer memerlukan dua buah sistem, dimana sistem pertama terhubung ke paralel port PC dan sistem kedua terhubung dengan printer. Tujuan penulisan skripsi ini adalah merancang antar muka pengiriman data pada wireless infrared printer dengan menggunakan DST-51, dimana antar muka tersebut adalah antar muka yang terhubung dengan printer. Antar muka ini terdiri dari rangkaian infrared transceiver, modul DST-51 dan printer yang memiliki koneksi paralel port. Dalam pengujian yang dilakukan dapat diketahui bahwa antar muka ini telah bekerja dengan baik. Pengujian dilakukan pada tiap-tiap blok diagram maupun pengujian sistem secara keseluruhan yang menggabungkan antar muka yang terhubung ke PC dan antar muka yang terhubung dengan printer. Rangkaian infrared transceiver telah bekerja sesuai dengan perancangan. Frekuensi carrier yang dihasilkan dari rangkaian infrared transceiver tersebut adalah 30,16KHz, sehingga persentase kesalahan adalah 4,56%. Wireless infraed printer ini dapat bekerja dengan baik pada jarak maksimal 6 meter. Pin-pin yang bekerja pada DST-51 dengan printer, yaitu Strobe, Ready, Busy, Paper Error, dan DO-D7 menunjukkan kondisi sesuai spesifikasi perancangan yang diinginkan dalam antar muka ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2006/050602070
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 May 2007 00:00
Last Modified: 21 Oct 2021 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138285
[thumbnail of Copy_of_Perancangan_Antar_Muka_Wireless_Infrared.pdf]
Preview
Text
Copy_of_Perancangan_Antar_Muka_Wireless_Infrared.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item