Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Equity Keju Merk Brady (Studi Kasus Di CV Brawijaya Dairy Industry)

Kurniawan, Galih (2017) Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Equity Keju Merk Brady (Studi Kasus Di CV Brawijaya Dairy Industry). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Brand Image Terhadap Brand Equity Keju Merk Brady (Studi kasus di CV Brawijaya Dairy Industry) ini dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus sampai 30 September 2016 di CV Brawijaya Dairy Industry yang berlokasi di Jl. Raya Junrejo No. 1A Kota Batu, membuka peluang kerjasama sebagai tempat produksi Rumah Yoghurt. Kerjasama yang dilakukan oleh Rumah Yoghurt dengan KUD yang memproduksi yoghurt dan keju mozzarella. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktorfaktor yang mempengaruhi Brand Equity Keju Merk Brady dan mengetahui pengaruh Brand Image terhadap Brand Equity Keju Merk Brady. Manfaat penelitian ini sebagai masukan bagi manajemen dari perusahaan merek keju mozzarella lokal tentang perilaku konsumen Citra merek dan Ekuitas Keju Merk Brady. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan dari metode deskriptif kuantitatif ini yaitu membuat suatu uraian yang sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat dari objek yang diteliti kemudian menggabungkan hubungan antar variabel yang terlibat viii didalamnya. Penelitian ini juga menekankan analisisnya pada data-data numerik diolah dengan menggunakan metode statistika. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial “Pembelian, kualitas, desain, lokasi dan pelayanan produk” berpegaruh secara positif sebesar 0,897 terhadap brand equity Keju Merk Brady CV Brawijaya Dairy Industry, hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan 1 satuan indeks “Pembelian, kualitas, desain, lokasi dan pelayanan produk” akan memberikan peningkatan brand equity sebesar 0,897. Koefesien regresi dari “Kesesuaian, inovasi, produksi dan keandalan produk” sebesar 0,204. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel yang termasuk dalam faktor ini meliputi kesesuaian produk, inovasi desain produk, kualitas pembuatan, jaminan halal dan sehat memberikan pengaruh signifikan yang positif terhadap ekuitas merek. Jika terdapat kenaikan sebesar 1 satuan pada variable-variabel tersebut maka ekuitas merek akan naik sebesar 0,204. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa “profil dasar responden” memberikan pengaruh yang signifikan namun negatif terhadap ekuitas merek. Koefisien regresi dari “profil dasar responden” adalah 0,149. Nilai ini menunjukkan bahwa setiap variabel yang terdapat pada faktor “profil dasar responden” seperti usia, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan. Usia memberikan pengaruh terhadap ekuitas merek secara negatif artinya jika variabel usia mengalami peningkatan satu satuan maka ekuitas merek mengalami penurunan sebesar 0,149. Hasil analisis statistik pada faktor “customer orientation meliputi variabel manfaat untuk konsumendan keuntungan ix asosiasi merek memberikan pengaruh yang positif terhadap ekuitas merek. Koefisien regresi dari faktor “customer orientation” sebesar 0,147 dan bertanda positif, hal ini menunjukkan bahwa faktor “consumer orientation” memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap brand equity. Setiap kenaikan satu satuan dari variabel yang termasuk di dalam faktor maka brand equity akan naik sebesar 0,147. Hasil analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi ekuitas merek (brand equity) antara lain “pembelian, kualitas, desain, lokasi dan pelayanan produk”, “kesesuaian, inovasi, produksi dan keandalan produk”, dan “customer orientation”. Variabel Brand image berpengaruh terhadap brand equity produk Keju Merk Brady CV Brawijaya Dairy Industry, hal ini menunjukkan pentingnya brand image. Peneliti juga mengemukakan beberapa saran yang dapat memperbaiki brand equity dengan cara meningkatkan kualitas produk, melakukan inovasi terhadap kemasan, dan memberikan fasilitas yang baik untuk konsumen. Disamping perbaikan brand image juga meningkatkan brand equity dengan cara meningkatkan efisiensi dan efektivitas program pemasaran kualitas, pelayanan produk, kesesuaian, inovasi, dan kehandalan produk serta brand awareness yang akan berpengaruh pada meningkatnya ekuitas merek.

English Abstract

Research was conducted in CV Brawijaya dairy Industry, located in Malang. Research was aimed to determine the factors that affecting brand equity to investigate the brand image on brand equity of mozarella cheese product from CV Brawijaya Industry (Brady), Malang. Thirty respondents were Brady cheese consumers and obtained by purposive sampling method. The data was collected in 30 August to 30 September, 2016. Primary data were collected from structured questionnaire. Data was analyzed by factor analysis and then continued by multiple regressions using SPSS 16.0. The result showed that the dominant customers’ characteristic of cheese product was represented by female student with age 28 – 38 years old, undergraduate education, and income level IDR RP. 1,000,001 – 2,000,000 per month. Factors that affecting brand equity were “purchasing, quality, design, location and care product”, “compliance with specifications, inovation, production dan product reliability”, and “customer orientation”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/95/051703667
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 May 2017 11:03
Last Modified: 21 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138267
[thumbnail of 1_COVER_DEPAN.pdf]
Preview
Text
1_COVER_DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 04_ISI_DAN_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
04_ISI_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Galih_PDF.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Galih_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3_RIWAYAT,_PENGANTAR,_ABSTRACT,_RINGKASAN,_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
3_RIWAYAT,_PENGANTAR,_ABSTRACT,_RINGKASAN,_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item