Kajian Pemasaran Ikan Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Dan Pengembangan Wilayah Di Kota Probolinggo

Triandi, Rizki Jakfar (2018) Kajian Pemasaran Ikan Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Dan Pengembangan Wilayah Di Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (Q.S. Annisa : 29). Dalam sistem agribisnis perikanan, pasar merupakan salah satu komponen penting yang menjadi ujung tombak bagi aliran komoditas perikanan. Pasar tidak hanya menjadi media bertemunya fungsi penawaran dan permintaan produk perikanan, namun lebih dari itu pasar merupakan perwujudan dari dinamika sosial dimana sumber mata pencaharian melalui mekanisme harga jual produk dihasilkan. Potensi di sektor perikanan dan kelautan Kabupaten Probolinggo sangat berlimpah dan menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan bila diberdayakan secara maksimal, apalagi dilengkapi dengan sentuhan teknologi canggih. Kemampuan hasil perikanan tangkap yang tinggi, tidak akan optimal apabila tidak didukung oleh strategi pemasaran yang tepat, dan dukungan kebijakan pemerintah dalam pengembangan wilayah. Ikan yang telah berhasil ditangkap tentu saja harus dapat dipasarkan dengan optimal agar dapat memberikan dampak nyata bagi pendapatan dan kesejahteraan nelayan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: mengetahui gambaran saluran distribusi pemasaran terkait manajemen rantai pasokan produk ikan tangkap dan pengembangan wilayah di Kota Probolinggo, mengidentifikasi dan menganalisis kondisi internal dan eksternal dari masyarakat di Kota Probolinggo dalam menjalankan aktivitasnya sebagai nelayan, menyusun dan menganalisis strategi yang dapat ditetapkan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan di Kota Probolinggo, mengidentifikasi kebijakan relevan yang dapat diambil oleh Pemda Kota Probolinggo terkait alternatif strategi yang dihasilkan bagi pembangunan wilayah berbasis peningkatan ekonomi masyarakat nelayan. Lokasi penelitian ini berada di Kota Probolinggo pada lima kecamatan di wilayah Kota Probolinggo, yakni Kecamatan Mayangan, Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Wonoasih, Kecamatan Kedopok, dan Kecamatan Kademangan. Untuk sampel yang di teliti yaitu sebanyak 100 orang yang terlibat dalam saluran pemasaran ikan hasil tangkap di Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu wawancara, kuesioner, dan observasi. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan analisis dengan metode deskriptif kualitatif, kemudian juga menggunakan alat analisis IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan alat analisis EFAS (External Factors Analysis Summary). Kemudian untuk menentukan strategi pengembangan menggunakan analisis matriks SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity, Threat). Gambaran saluran distribusi pemasaran ikan tangkap pada nelayan di Probolinggo adalah 1) Nelayan memasarkan langsung kepada pedagang pengumpul untuk kemudian dipasok kepada pedagang pengecer, restoran maupun konsumen akhir. 2) Nelayan terlebih dahulu memasarkan melalui pengambek untuk kemudian dipasok kepada pedagang pengumpul dan di distribusikan kembali kepada pedagang pengecer, restoran maupun konsumen akhir. Kisaran marjin keuntungan yang diperoleh setiap jalur distribusi tata niaga adalah antara 10% - 18,58%. Ditinjau dari tabel analisis internal usaha pemasaran ikan memiliki skor faktor kekuatan sebesar 1,68, sedangkan skor kelemahan ialah sebesar 1,19, sehingga hasil maktriks analisis faktor strategi internal (IFAS) pada usaha pemasaran ikan kota hasil tangkap nelayan Kota Probolinggo lebih dipengaruhi oleh faktor kekuatan dibandingkan faktor kelemahan. Sedangkan hasil identifikasi dan analisis kondisi eksternal yang disajikan dalam Tabel Matriks EFAS, menghasilkan skor faktor peluang sebesar 1,68, sedangkan skor ancaman ialah sebesar 1,08, sehingga hasil maktriks analisis faktor strategi eksternal (EFAS) pada usaha pemasaran ikan kota hasil tangkap nelayan Kota Probolinggo lebih dipengaruhi oleh faktor peluang dibandingkan faktor ancaman. Alternatif strategi yang dapat disusun dari hasil analisis dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat nelayan dan pengembangan wilayah Kota Probolinggo adalah strategi SO memberikan motivasi kepada nelayan melalui penyuluhan, pembentukan kelompok nelayan, memanfaatkan ketersediaan alat dan armada tangkap ikan dengan baik, melakukan pengolahan terhadap produk sehingga dapat meningkatkan nilai jual, memperluas penangkapan daerah underfishing, memberikan pelatihan-pelatihan kepada nelayan, memperluas pasar dengan mengekspor produk, pembetukan koperasi oleh pengambek dan para nelayan, optimalisasi penangkapan ikan saat harga jual ikan naik, pengembangan wisata bebasis lingkungan, peningkatan sarana dan prasarana. Kebijakan strategis yang relevan dapat dipilih oleh Pemerintah Kota Probolinggo dalam mengembangkan pembangunan wilayah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah dengan pembentukan dan perkuatan koperasi nelayan

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/813/051811007
Uncontrolled Keywords: -Pemasaran Ikan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.375 Culture of specific kinds of fishes (Protacanthopterygii)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:53
Last Modified: 12 Mar 2019 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13816
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item