Saputra, Reza (2018) Implementasi Dynamic Difficulty Adjustment Pada Racing Game Menggunakan Metode Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada beberapa racing game terdapat fitur untuk memainkan permainan secara kompetitif baik melawan pemain lain atau melawan Kecerdasan Buatan (KB) atau yang biasa disebut bot. Dalam penerapannya, sering terjadi perbedaan kemampuan yang jauh antara pemain dengan bot. Hal ini menyebabkan adanya rasa bosan jika kemampuan pemain jauh lebih baik dibandingkan dengan bot, dan akan menimbulkan rasa kegelisahan jika kemampuan pemain jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan kemampuan bot. Dalam beberapa racing game terdapat pilihan untuk memilih tingkat kesulitan sebelum bermain, namun fitur ini dirasa masih kurang dapat mengimbangkan kemampuan pemain dengan bot karena seiring berjalannya waktu kemampuan pemain dapat meningkat, dan pemain baru juga cenderung tidak mengetahui tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuannya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti akan menerapkan Dynamic Difficulty Adjustment (DDA) menggunakan metode Fuzzy yang mampu menyesuaikan kemampuan bot dengan kemampuan pemain seiring berjalannya waktu. Pengujian DDA dilakukan dengan menguji kemampuan pemain dengan bot DDA. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bot DDA mampu menyesuaikan perilakunya dengan kemampuan yang dimiliki oleh pemain Hasil pengujian menunjukkan bahwa bot DDA mampu menyesuaikan perilakunya dengan kemampuan yang dimiliki oleh pemain, yang mana pada pengujian untuk penguji handal diperoleh nilai rata-rata selisih jarak tempuhnya 2,35 meter, sedangkan untuk penguji pemula diperoleh nilai rata-ratanya adalah 4,49 meter.
English Abstract
Some racing games has a feature to play the game competitively against other player or against Artificial Intelligence (AI) or commonly called as bot. In its implementation, we tend to find that the ability between the player and the bot is far. This causes boredom if the player has much higher ability than the bot, and will produce anxiety if the player's ability is much lower when compared with the bot. In some racing games there is an option to choose the difficulty level before starting the game, but this feature is still considered less effective to balance the ability of player and bot, because the ability of players can increase as the time goes by, and new players tend to confused that they don’t know what category of difficulty that suits to their abitility. To solve the problem, researcher will implement Dynamic Difficulty Adjustment (DDA) by using Fuzzy method that able to adjust the ability of the bot according to player’s ability over time. DDA testing is done by playing and matching players with bots. Test results show that DDA bots are able to adjust their behavior with the player’s ability, from the test we received that the average traveled distance for expert player is 2,35 meters, whereas the average traveled distance for beginner player is 4,49 meters.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/668/051808581 |
Uncontrolled Keywords: | Fuzzy, Dynamic Difficult, Dynamic Difficulty Adjustment, DDA, Game, Racing Game |
Subjects: | 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 13 Mar 2019 04:17 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13644 |
Preview |
Text
Reza Saputra.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |