Hidayat, Taufiq (2017) Pengaruh Pemanfaatan Biodiesel Dari Pencampuran Minyak Goreng Bekas Dengan Bahan Bakar Solar Terhadap Kinerja Mesin Diesel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mesin diesel menggunakan salah satu olahan minyak bumi yaitu solar sebagai bahan bakarnya. Namun, menipisnya cadangan minyak bumi membuat munculnya berbagai macam energi alternatif, salah satunya adalah biodiesel yang terbuat dari minyak goreng bekas. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji performa dari mesin diesel yang menggunakan bahan bakar biodiesel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui pengaruh konsentrasi biodiesel dari pencampuran minyak goreng bekas dan solar terhadap prestasi mesin diesel seperti: torsi, daya poros, konsumsi spesifik bahan bakar, opasitas (tingkat polutan). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juni 2016 yang bertempat di laboratorium Konversi Energi, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Ada dua jenis data yang diambil dalam penelitian ini yaitu data primer berupa data uji karakteristik biodiesel dan data uji performa mesin diesel (daya, torsi, konsumsi bahan bakar, dan opasiitas). Yang kedua adalah data sekunder. Data sekunder berasal dari jurnal, laporan, majalah maupun artikel di internet yang berfungsi sebagai bahan rujukan untuk penelitian ini. Kemudian data prestasi mesin diesel yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA dan uji beda nyata terkecil(BNT). Hasil uji karakteristik produk biodiesel dalam penelitian ini sudah memenuhi standar mutu biodiesel (SNI biodiesel NO 723 Kep Dirjen EBTKE). Namun nilai viskositas dari biodiesel baik B100, B5, B10, dan B15 berturut – turut yaitu 11, 394; 6,379; 7,100; 7,559 cst masih diatas nilai maksimum yang ditentukan oleh SNI yang berkisar antara 2,3 – 6,0 cst. Pada uji performa mesin diesel yakni torsi, daya poros, konsumsi bahan bakar dan tingkat opasitas sudah menunjukkan hasil yang baik. Masing – masing parameter uji dilakukan dengan kecepatan putar motor yberbeda – beda yakni 900 RPM, 1000 RPM, dan 1100 RPM. Nilai torsi berkisar antara 7,1 – 8,2 Kgm. Nilai daya berkisar antara 0,6 – 0,9 kW dan tingkat opasitas berkisar antara 56 – 58 %HSU. Sedangkan konsumsi bahan bakar cenderung boros dengan tingkat efisiensi berkisar antara 34 – 41 %. Mf ekonomi biodiesel ini memiliki kecenderungan yang tinggi bila dibandingkan nilai mf ekonomi solar. Hal ini disebabkan nilai kalor yang dihasilkan biodiesel lebih tinggi serta viskositas yang tinggi pada biodiesel. Nilai laju konsumsi bahan bakar secara ekonomi 900rpm, 1000rpm, 1100rpm adalah Rp 3983,4 , Rp 4381,74 , Rp 5178,42 per liter. Disimpulkan bahwa konsentrsi terbaik pada biodiesel 15% yang menghasilkan torsi, daya poros, konsumsi spesifik dan opasitas yang dikatakan baik. Disarankan untuk pemakaian produk biodiesel ini harus dilakukan pengkajian lebih dalam dan penelitian agar hasil bisa lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/127/051702623 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 09:46 |
Last Modified: | 29 Nov 2021 02:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135738 |
Preview |
Other
SKRIPSI.PDF Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |