Pengaruh Atribut Produk, Harga, Iklan Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching Produk Ikan Kaleng Merek Abc Di Giant Supermarket Kota Surabaya, Jawa Timur

Arenda, MuhammadRifaldi (2016) Pengaruh Atribut Produk, Harga, Iklan Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching Produk Ikan Kaleng Merek Abc Di Giant Supermarket Kota Surabaya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai salah satu sumber protein, ikan termasuk bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, namun ikan merupakan bahan makanan yang mudah rusak. Salah satu cara pengawetan ikan adalah dengan cara mengemasnya ke dalam kaleng. Jumlah permintaan ikan kaleng di Indonesia mencapai 350.000 ton per tahunnya. Dengan semakin banyaknya produsen ikan kaleng ini maka semakin ketat pula persaingan antar perusahaan (fighting brand) yang mengakibatkan konsumen berhadapan dengan banyaknya pilihan dan variasi atribut produk yang ditawarkan para produsen serta memicu suatu perilaku konsumen yang dinamakan perilaku pembelian mencari keragaman (variety seeking) juga perpindahan merek (brand switching). ABC merupakan salah satu merek ikan kaleng yang sangat populer di masyarakat, namun meskipun demukian tidak membuat ABC terhindar dari brand switching. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ; 1.) persepsi konsumen terhadap variabel atribut produk, harga, iklan dan variety seeking terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) produk ikan kaleng merek ABC, 2.) pengaruh variabel atribut produk, harga, iklan dan variety seeking terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) produk ikan kaleng merek ABC, 3.) manakah diantara variabel atribut produk, harga, iklan dan variety seeking yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching) produk ikan kaleng merek ABC. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung Giant Rajawali Surabaya dengan sampel sebanyak 60 responden. Sumber data yaitu primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data meliputi kuisioner dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji statistik dengan variabel independen (atribut produk, harga, iklan dan variety seeking) dan variabel dependen (brand switching). Hasil distribusi frekuensi jawaban menunjukkan bahwa konsumen di Giant Ekstra Rajawali, Surabaya memiliki persepsi bahwa 1.) atribut produk merek lain lebih baik daripada milik ABC 2.) harga ABC lebih murah dari merek lain, 3.) iklan ABC lebih sering muncul dibandingkan merek lain, 4.) dan konsumen memiliki perilaku mencari variasi (variety seeking). Hasil tersebut juga telah lolos uji instrumen yaitu validitas dan reliabilitas, dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, heterokedastisitas, dan autokorelasi. Menurut hasil uji statistik yaitu uji F dan uji R2 menunjukkan bahwa variabel independen memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen dan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 33%. Sedangkan hasi uji parsial (t) menunjukkan bahwa variabel atribut produk dan variety seeking secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (brand switching), sedangkan variabel harga dan iklan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (brand switching). Juga menurit hasil uji (t) variety seeking adalah varaibel yang memilki pengaruh dominan terhadap variabel dependen (brand switching). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menurut konsumen di Giant Ekstra Rajawali ialah1.) atribut produk ikan kaleng merek lain lebih baik daripada ABC, harga ABC lebih murah, iklan ABC lebih sering ditemukan konsumen memiliki perilaku variety seeking yang dominan, 2.) variabel independen memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen serta atribut produk dan variety seeking berpengaruh secara parsial terhadap brand switching, sedangkan harga dan iklan tidak, 3.) dan variety seeking merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap brand switching. Saran yang dapat diberikan yakni 1.) produsen agar melakukan perbaikan pada bauran pemasaran yaitu dengan meningkatkan atribut produk, menjaga konsistensi harga dan iklan secara konsumen sentris atau dengan mempertimbangkan harapan konsumen karena untuk menghindari variety seeking yang tinggi dan mengurangi kemungkinan brand switching perlu menaikkan keterlibatan konsumen (involvement) 2.) serta untuk penelitain selanjutnya diharapkan untuk meneliti variabel-variabel lain yang mempengaruhi brand switching pada ikan kaleng merek ABC mengingat pengaruh variabel dalam penelitian ini hanya sebesar 33%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/996/051612946
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Dec 2016 09:47
Last Modified: 21 Oct 2021 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135703
[thumbnail of Artikel_Muhammad_Rifaldi_Arenda_Pengaruh_Atribut_Produk,Harga,_Iklan_dan_Variety_Seeking_Terhadap_Brand_Switching_Ikan_Kaleng_Merek_ABC.pdf]
Preview
Text
Artikel_Muhammad_Rifaldi_Arenda_Pengaruh_Atribut_Produk,Harga,_Iklan_dan_Variety_Seeking_Terhadap_Brand_Switching_Ikan_Kaleng_Merek_ABC.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Muhammad_Rifaldi_Arenda_Manajemen_Tenaga_Kerja_Pada_PT.Tritunggal_Lintas_Benua.pdf]
Preview
Text
Muhammad_Rifaldi_Arenda_Manajemen_Tenaga_Kerja_Pada_PT.Tritunggal_Lintas_Benua.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item