Aplikasi Model Peramalan Arima Time Series Untuk Memprediksi Penjualan Produk Onde-Onde Studi Kasus Di Toko Bo Liem Mojokerto

LailaTiaraSari (2016) Aplikasi Model Peramalan Arima Time Series Untuk Memprediksi Penjualan Produk Onde-Onde Studi Kasus Di Toko Bo Liem Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki ketersediaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang melimpah. Keadaan tersebut membuat perkembangan agroindustri di Indonesia harus ditingkatkan. Sektor agroindustri sekarang ini sedang mendapat perhatian lebih dari para pemerintah untuk dapat dikembangkan sebagai modal pembangunan. Salah satu usaha yang memiliki daya saing tinggi dalam agroindustri adalah agroindustri dibidang makanan. Salah satunya adalah usaha onde-onde yang sudah menjadi jajanan tradisional bagi masyarakat Indonesia. Persaingan akan produk onde-onde semakin tahun semakin ketat. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya para produsen yang menjual onde-onde dengan berbagai variasi, baik tampilan maupun rasa. Terjadinya peningkatan perekonomian nasional dengan perkembangan agroindustri tersebut juga berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian daerah. Saat ini semakin banyak usaha kecil dan menengah di Mojokerto yang terbuka peluang usahanya, mulai dari usaha di bidang makanan, minuman, kerajinan serta oleh-oleh khas daerah Mojokerto. Dari beberapa usaha tersebut, salah satu usaha kecil dan menengah yang membantu pendapatan daerah adalah toko Bo Liem yang memproduksi onde-onde sebagai makanan khas. Usaha tersebut sudah dirintis sejak tahun 1929 dan menjadi toko onde-onde yang sudah terkenal sehingga menyebabkan onde-onde menjadi icon dari kota Mojokerto. Meskipun banyak pesaing, toko Bo Liem tetap dapat mempertahankan posisinya di pasar dan tetap menjadi produk unggulan bagi orang-orang yang berkunjung ke Mojokerto. Meningkatnya pembelian onde-onde berpengaruh terhadap tingkat volume penjualan di toko Bo Liem. Namun dalam proses penjualan tersebut terjadi kendala yaitu terjadinya kelebihan produk onde-onde pada setiap proses produksi dan kondisi penjualan yang berfluktuatif. Ketidakseimbangan antara proses penjualan dengan jumlah produksi dapat berdampak pada kerugian. Berdasarkan uraian sebelumnya maka toko Bo Liem perlu mengetahui jumlah penjualan onde-onde dimasa mendatang dengan melakukan peramalan. Peramalan penjualan tersebut bertujuan agar dalam setiap proses produksi tidak mengalami kelebihan produk dan semua dapat terjual habis. Oleh karena itu penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: 1) Mendeskripsikan penjualan produk onde-onde di toko Bo Liem. 2) Menganalisis peramalan penjualan onde-onde di toko Bo Liem selama 96 minggu di tahun 2016 - 2017. Metode anlisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan informasi tambahan dan menunjang dalam penelitian serta digunakan untuk menjelaskan hasil analisis kuantitatif kedalam uraian. Sedangkan untuk metode analisisnya menggunakan metode time series dengan menggunakan ARIMA (Autoregressive Integreted Moving Average) untuk meramalkan penjualan produk onde-onde selama 96 minggu tahun 2016 - 2017 di toko Bo Liem Mojokerto. Hasil penelitian produk onde-onde di toko Bo Liem untuk produk onde-onde rasa original dan onde-onde berbagai varian rasa selama 96 minggu memiliki pola siklik yang mengandung unsur trend. Peramalan penjualan produk onde- onde selama tahun 2016 – 2017 model yang paling akurat adalah ARIMA (1,1,1) baik penjualan onde-onde rasa original dan penjualan onde-onde berbagai varian rasa. Total penjualan onde-onde rasa original tahun 2016 sebesar 191.655 onde-onde dan tahun 2017 sebesar 180.745 onde-onde. Sedangkan total penjualan onde-onde berbagai varian rasa tahun 2016 sebesar 212.905 onde-onde sedangkan tahun 2017 sebesar 204.915 onde-onde. Jumlah yang efisien untuk memproduksi onde-onde rasa original yaitu berkisar antara 3.700 sampai 3.800 onde-onde setiap minggunya sedangkan untuk onde-onde berbagai varian rasa sebanyak 4.200 sampai 4.300 onde-onde. Saran yang diberikan untuk toko Bo Liem yaitu melakukan manajemen dalam perencanaan persediaan khususnya pada proses produksi dengan tepat dan baik, karena penjualan dua tahun kedepan memiliki pola siklik yang tidak dapat diprediksi fluktuatifnya.

English Abstract

Indonesia is a country with the availability of natural resources and human resources huge. This situation has making a progress agroindustry in indonesia must be improved. Agroindustry now sector is being improvement over the government to be developed as capital development. One effort having competitiveness high in agroindustry is agroindustry in food. One of them is a onde-onde who has become traditional hawker to the indonesian population. Competition will onde-onde products are getting more stringent year. This is evidenced by many producers who sells onde-onde with a variety, both view and think. The increase economy and the development of agroindustry also influences regional economic growth. Currently, business opportunities in Mojokerto are widely opened for many small and medium enterprises fields, starting from foods, drinks, crafts and special souvenirs of Mojokerto. One of those enterprises, Bo Liem store helped local government income by producing onde-onde as typical food of Mojokerto. This enterprise has been initiated since 1929 and its became a well known store of onde-onde. Lately, its causes onde-onde as icon of Mojokerto city. Although there are so many competitors, Bo Liem store has retained its position in the market and remains high quality products for visitors. The increasing purchase of onde-onde affect to the level of sales volume in Bo Liem store. However, the sales process occurs obstacles, such as over-products of onde onde on every production process and also the sales fluctuating conditions. The imbalance between sales process and number of production impacts on losses. Based on those description, Bo Liem store needs to know the number of coming sales forecasting. Sales forecasting purpose to avoid over-product occurs during production process and hopely all products are sold out. Therefore, this research namely: 1) To described the sale of products onde-onde Bo Liem store. 2) To analyze the sales forecasting of onde-onde Bo Liem store for 96 weeks in 2016 – 2017. Anylisis data methods that used in this research are descriptive and quantitative analysis. Descriptive analysis used to provide additional information and support the research and also describe the results of quantitative analysis.While, the method of analysis used time series using ARIMA (Autoregressive Integreted Moving Average) to forecast the sale of products onde-onde Bo Liem store Mojokerto for 96 weeks in 2016 – 2017. The results of this research, onde-onde Bo Liem store for original and various flavors in 96 weeks having a cyclic pattern containing trend of element. The most accurate model for onde-onde product sales forecasting during 2016 - 2017 is ARIMA (1,1,1) either selling original and various of flavors. Total sales of original flavor of in 2016 amounted to 191,655 onde-onde and in 2017 amounted to 180,745 onde-onde. While, total sales of various flavors in 2016 amounted to 212,905 onde-onde and in 2017 amounted to 204,915 onde-onde. The efficient number to produce onde-onde original flavor ranging from 3,700 to 3,800 every week whereas 4,200 to 4,300 for various flavors onde-onde. The advice given to Bo Liem store is to perform management inventory planning, especially for accurate and good production process, because in two years later the sales of products will have an unpredictable fluctuation cyclic pattern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/594/051609246
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 06 Oct 2016 11:09
Last Modified: 20 Oct 2021 12:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135326
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item