Pramana, Firadi Surya (2018) Penerapan Konsep State Pattern pada Game Engine (Studi Kasus Game Wipe It Off). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Game yang menggunakan state machine sebagai dasar pengembangan perilaku agen bukan merupakan hal baru lagi. Namun, masih belum banyak game engine yang dapat menangani kebutuhan tersebut. State pattern merupakan salah satu design pattern yang dapat menangani kebutuhan state machine pada game. Perancangan state pattern dilakukan untuk diterapkan dalam game engine. Komponen yang terdapat dalam state pattern adalah Initial State, Check State, dan Handle State. Perancangan finite state machine yang digunakan dalam game juga dilakukan. Komponen yang terdapat dalam finite state machine adalah Idle State, Moving State, dan Cleaning State. Implementasi state pattern pada game engine dilakukan dengan membuat kelas interface dan menjadi parent dari seluruh state dalam finite state machine. Implementasi finite state machine pada game dilakukan dengan memisahkan seluruh state menjadi kelas yang berbeda dan melakukan pewarisan sifat dari kelas interface. Pengujian state pattern pada game engine dilakukan dengan white-box testing. Didapatkan bahwa hasil pengujian dari seluruh komponen state pattern adalah valid. Pengujian finite state machine pada game dilakukan dengan black-box testing. Didapatkan bahwa hasil pengujian perpindahan state dari finite state machine adalah valid. Dengan keberadaan game engine ini diharapkan bahwa pengembang game tidak lagi kesulitan dalam mengembangkan game yang memiliki state machine sebagai dasar kebutuhannya.
English Abstract
Game that uses state machine as their agent behaviour decision making is common nowaday. However, there still lots of game engine that can’t handle that requirement. State pattern is one of design pattern that could handle that requirement. Components of state pattern on game engine are defined and given the name of Initial State, Check State, and Handle State. Components of finite state machine on game are defined and given the name of Idle State, Moving State, and Cleaning State. State pattern on game engine implemented as a interface class that become thhe parernt of each state on finite state machine. Finite state machine on game implemented as an individual class that inherit the interface class from state pattern. State pattern tested with white-box testing and all the compoent are given the value of valid. Finite state machine tested with black-box testing and all the transitions are succeded and given the value of valid. With this game engine, therefore there is no game developer that will experience difficulty in developing game that uses state machine as their basic need.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/85/051801007 |
Uncontrolled Keywords: | Game engine, Game, State, State pattern. |
Subjects: | 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 02:11 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 02:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13497 |
Preview |
Text
Firadi Surya Pramana.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |