Styadi, Ardyani Nalendri (2018) Pengembangan Sistem Informasi Kepuasan Pengunjung pada UPT P2BJ Provinsi Jawa Timur Dengan Metode SERVQUAL dan Analisis Importance & Performance Matrix. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam pelaksanaan kegiatan survei kepuasan masyarakat saat ini, Unit Pelayanan Terpadu Pelayanan dan Pengadaan Barang/Jasa atau UPT P2BJ Provinsi Jawa Timur melimpahkan kegiatan tersebut kepada pihak konsultan survei dari eksternal organisasi. Pelaksanaan survei oleh pihak konsultan dilakukan dengan mendatangi pengunjung dan melakukan survei secara manual dengan memberikan kuesioner sehingga kegiatan survei membutuhkan upaya yang cukup rumit. Mengingat keinginan UPT P2BJ Provinsi Jawa Timur dalam pelaksanaan kegiatan survei oleh lingkup internal, proses kegiatan survei harusnya tidak membebani pelaksanaan proses bisnis utama dari UPT P2BJ Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya itu, hasil dari survei saat ini hanya mengelompokkan komponen kuesioner dengan hasil penilaian puas dan tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan. Penggunaan kombinasi metode SERVQUAL dan IPA diharapkan akan memberikan hasil analisis yang lebih spesifik pada setiap komponen survei sehingga dapat menjadi pedoman yang lebih tepat dalam menentukan keputusan yang harus dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan sistem survei kepuasan pengunjung terhadap UPT P2BJ Provinsi Jawa Timur dengan metode Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance & Matrix. Sistem ini diharapkan dapat mengotomatisasi kegiatan survei UPT P2BJ Provinsi Jawa Timur dengan proses analisis survei yang sesuai dengan kebutuhan. Sistem dibangun berdasarkan model pengembangan waterfall yang memulai pengembangan dari analisis proses bisnis dan persyaratan, perancangan, implementasi sistem, dan pengujian. Dalam memenuhi kebutuhan pengguna, didapatkan kebutuhan fungsional dan nonfungsional sebagai dasar membangun sistem survei kepuasan pengunjung. Hasil uji dari implementasi sistem tersebut menunjukkan bahwa sistem dapat memenuhi kebutuhan fungsional pengguna, sistem dapat berjalan pada jenis dan versi peramban web yang diujikan pada alat bantu SortSite, dan efisiensi waktu dari implementasi sistem sebesar 50.1% untuk pengguna responden dan 98.9% untuk pengguna administrator.
English Abstract
Currently, public satisfaction survey activities conducted by UPT P2BJ Provinsi Jawa Timur are undertaken by survey consultants or external organizations. Survey consultants visited UPT P2BJ visitors's place and distributed questionnaires manually so the survey required a complicated effort. Therefore, UPT P2BJ would like to conduct the survey within the internal organization but UPT P2BJ hope the survey does not interfere the main business process of UPT P2BJ. Not only that, the results of the current survey only grouped the questionnaire component into two groups of scores: satisfied and dissatisfied. The use of a combination of SERVQUAL and IPA methods is expected to provide more specific analysis results on each component of the survey so that it can be a more appropriate guide in deciding what to do. Therefore, this research will develop visitor satisfaction survey system to UPT P2BJ East Java with Service Quality (SERVQUAL) and Importance Performance & Matrix method. The system is expected to automate UPT P2BJ survey activities with a survey analysis process that suits the needs. The system builds on a waterfall development model that begins the development of business process analysis and requirements, design, system implementation, and testing. In meeting the needs of users, functional and nonfunctional requirements are found as the basis for implementation of system. The test results from the implementation of the system show that the system can meet the functional requirements of users, the system can run on all type and version of web browsers that tested in the SortSite tool, and the system's time efficiency are 50.1% for respondent and 98.9% for administrator.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/338/051805119 |
Uncontrolled Keywords: | pelayanan publik, sistem survei, servqual, importance & performance matrix, waterfall, pengembangan sistem. public service, survey system, servqual, importance and performance matrix,waterfall, system development. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.830 285 Market research (Computer applications) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Mar 2019 02:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 07:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13433 |
Preview |
Text
Ardyani Nalendri S.pdf Download (11MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |