Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemain Dalam Permainan AR Berbasis Lokasi (Studi Kasus Pokemon GO)

Saputra, Kevin Dwiki (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemain Dalam Permainan AR Berbasis Lokasi (Studi Kasus Pokemon GO). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pokemon GO merupakan permainan berbasis lokasi yang mengusung teknologi Augmented Reality (AR) didalamnya. Permainan ini memiliki pemain harian sebanyak 1.600.000 pemain pada awal peluncuran pada bulan Juli tahun 2016 dan masih mempertahankan angka tersebut hingga 3 bulan berikutnya. Permainan ini juga mendapatkan 5 rekor dalam Guinness World Record untuk berbagai aspek. Namun, seiring berjalannya waktu, pemain Pokemon GO mulai menurun hingga pada akhirnya mencapai hanya 148.000 pemain harian pada Januari 2017 dan masih mempertahankan angka tersebut hingga Juni 2017. Untuk mengetahui alasan dibalik menurunnya jumlah pemain permainan Pokemon GO, diperlukan pengumpulan data agar dapat melakukan analisis pada perilaku pemain yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu pemain dengan level rendah (level 3-15) dan pemain dengan level tinggi (diatas 15). Proses pengumpulan data menggunakan 2 buah teknik, yaitu dengan menggunakan kuesioner dan menggunakan wawancara yang berdasarkan game-design factors (Yen-Ru Shi dan Ju-Ling Shih, 2015). Setelah pengumpulan data, analisis akan dilakukan dengan mencari apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap ratarata nilai kuesioner antar kedua kelompok dan bagaimana hubungan nilai kuesioner dengan hasil wawancara pemain sehingga dapat menarik kesimpulan mengenai apa yang membuat pemain meninggalkan permainan Pokemon GO. Terakhir, rekomendasi perbaikan akan dibuat guna membuat permainan ini atau permainan sejenis memenuhi harapan pemain.

English Abstract

Pokemon GO is a location-based game with Augmented Reality (AR) technology. This game had 1,600,000 daily players on July 2016 and retain this number until 3 following months. This game also held 5 records in Guinness World Record on many aspects. But, as the time goes, Pokemon GO players keep declining until there are only 148,000 daily players on January 2017 and still retain this number until June 2017. To uncover the reason why the number of Pokemon GO players keep declining, collecting data of 2 groups of player is needed, one with low-level players (level 3- 15) and one with high-level players (above level 15) so it can be analyzed. There are 2 main methods for collecting data, the first is with questionnaire and the second is with interviews. These two methods will mainly based around gamedesign factors (Yen-Ru Shi and Ju-Ling Shih, 2015). After collecting data, the analysis process will determine whether there are significant differences among Values and how questionnaires data and interviews data are related so conclusion can be made on why players left Pokemon GO. Lastly, recommendation will be made so this game and games with similiar type can meet the expectation of the players.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/323/051804136
Uncontrolled Keywords: game-design factors, Pokemon GO, permainan, kuesioner, wawancara game-design factors, Pokemon GO, games, questionnaire, interview
Subjects: 700 The Arts > 795 Games of chance > 795.1 Games with dice
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:18
Last Modified: 16 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13401
[thumbnail of Kevin Dwiki Saputra.pdf]
Preview
Text
Kevin Dwiki Saputra.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item