Studi Mediator Analisis Citra Merek Pada Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pendengar Radio MFM Malang

Maulidin, Shaskia (2018) Studi Mediator Analisis Citra Merek Pada Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pendengar Radio MFM Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendengar radio termasuk pengguna jasa dari media massa yaitu radio. Loyalitas pendengar merupakan kesetiaan seseorang mendengarkan radio karena adanya komitmen. Hanya radio tertentu yang mampu membangun brand image yang kuat dan bagus, sehingga pendengar senang mengidentifikasikan diri sebagai pendengar suatu radio, bukan penggemar dari seorang penyiar. Radio harus mampu melakukan inovasi apapun untuk bisa bertahan di industri tersebut, Dalam hal ini, sebuah radio sebagai media harus mampu memenuhi keinginan pendengar yang beragam dengan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola jalur pengaruh variabel kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas pendengar (Y) melalui citra merek (Z). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivistik. Dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu pendengar di Radio MFM Malang dan total sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan alat uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan ialah uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk analisis data menggunakan uji jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif signifikan terhadap citra merek (Z). Ditemukan juga bahwa citra merek (Z) berpengaruh positif signifikan terhadap (Y). Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pendengar Radio MFM Malang melalui citra merek. Dengan demikian, dapat dikatatakan bahwa loyalitas pendengar Radio MFM Malang dapat tercipta dan semakin meningkat diakibatkan kualitas pelayanan yang baik dari Radio MFM Malang dan diukur melalui citra merek Radio MFM Malang yang dipersepsikan oleh para pendengarnya.

English Abstract

Radio listener belong to the mass media users, radio. The listener loyalty is the faithfulness of someone listening to the radio because there is a commitment. Certain radio only that can build a strong and good brand image, so the listener is happy identified themselves as the radio listener, not the fans of the announcer. Radio should be able to make any innovation in order to survive in the industry, in this case, a radio is the media to fulfill the diverse desire of the radio listeners with the quality of services. The purpose of this study is to find the pattern of influence path from variable quality of services (X) with the listeners loyalty (Y) mediated by the brand image (Z). This study is an explanative quantitative research with the positivistic paradigm. The population of this study is the listener of Radio MFM Malang with total 100 participants for sample. Sampling was conducted by the random sampling technique. This study uses validity and reliability tests for the instrumentation tools. Classical assumption test that used for this study are normality test, linearity test, and heteroscedasticity test. Path analysis also conducted for the data analysis. The result of this study shows that quality of services (X) significantly related with the brand image (Z). Italso found that brand image (Z) significantly related with the listener loyalty (Y). The quality of service take an effect with the listener loyalty of Radio MFM Malang through the brand image. Therefore, we can conclude that listener loyalty can be created in Radio MFM Malang. It will be increased too because of the good quality services from the Radio MFM Malang and measured by the brand image of the Radio MFM Malang that perceived by the listeners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/748/051809897
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pendengar, Citra Merek, Radio. Services Quality, Listener Loyalty, Brand Image, Radio.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:24
Last Modified: 13 Jan 2021 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13335
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item