Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Ikan Hias Di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya Jawa Timur

PratamaWikanYuda (2012) Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Ikan Hias Di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdagangan ikan hias di Jawa Timur berkembang pesat, salah satu perdagangan ikan hias di Jawa Timur adalah di kota Surabaya. Perdagangan ikan hias di Surabaya tersebar di Jalan Patua, Jalan Gunungsari, dan yang paling populer adalah di Jalan Irian Barat, selain harga yang murah, pasar ini juga menawarkan berbagai jenis produk ikan hias dikarenakan adanya pengalih fungsian lahan serta beberapa faktor seperti perubahan peruntukan kawasan, infrastruktur. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengeluarkan kebijakan untuk merelokasi pedagang ikan hias ke Pasar Ikan Hias Gunungsari berdasarkan UU No. 24 tahun 1992. Berdasarkan penelitian Anugeraha (2010), relokasi mengakibatkan penurunan pendapatan bersih pedagang ikan hias setelah direlokasi di Pasar Ikan Hias Gunungsari. Dari fenomena inilah penulis mencoba meneliti pengaruh variabel Modal, Pendidikan, Pengalaman Berdagang, Curahan kerja terhadap Pendapatan pedagang karena meningkatkan pendapatan dalan usaha dagang merupakan hal utama pendorong usaha perdagangan agar dapat terus bertahan dan juga berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) Jam kerja yang dicurahkan pedagang ikan hias di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya, (2) Penerimaan dan pendapatan bersih pedagang ikan hias di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan bersih pedagang ikan hias di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya. (4) Faktor yang paling berpengaruh terhadap pendapatan bersih pedagang ikan hias di Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya. Penelitiaan ini dilaksanakan di pasar ikan hias gunungsari Surabaya. Waktu penelitian pada Bulan Januari-Februari 2012. Metode penelitian ini bersifat Deskriptif, jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi, observasi dan wawancara.Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa HOK pedagang ikan hias pada setiap minggunya antara 7-18 HOK, prosentase tingkat curahan kerja terbesar sebanyak 45.23% dengan curahan kerja pada 7-9 HOK. Penerimaan para pedagang ikan hias antara Rp. 365.625 – Rp.11.000.000 tiap minnggunya dengan presentase 59.52% atau sebanyak 25 responden memperoleh penerimaan Rp.1 juta – Rp.5 juta perminggu. Sedangkan Pendapatan bersih para pedagang ikan hias antara Rp. 50.896 – Rp.9.812.587 tiap minnggunya dengan persentase 54.76% atau 23 responden memperoleh pendapatan bersih kurang dari Rp. 1 juta. Rentabilitas rata-rata pedagang ikan hias gunungsari Surabaya sebesar 103% besaranya Rentabilitas ini dikatakan dikatakan cukup baik dan sudah layak bila dibandingkan suku bunga pinjaman bank saat ini yang sebesar 10% per- tahun. Untuk analisis faktor-faktor yang pendapatan pedagang ikan hias ini berdasarkan hasil penelitian dilakukan bebepara uji instrument data ternyata data yang di hasilkan semua layak untuk dilakukan pengujian, Pada hasil uji R2 menunjukan nilai sebesar 0,642. Artinya variabel bebas yang terdiri dari Modal (X1), Pendidikan (X2), Pengalaman Berdagang (X3), Curahan kerja (X4) memberikan pengaruh terhadp pedagang ikan hias sebesar 64.2 %. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa pendapatan pedagang ikan hias 64.2 % dipengaruhi oleh Modal, Pendidikan, Pengalaman Berdagang, Curahan kerja sedangkan sisanya 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel independen. Dan untuk uji F hitung 19.407 dimana lebih besar dari F tabel yaitu 2,63 yang berarti model tersebut layak. Dari hasil regresi linier berganda dapat dilihat seberapa besar pengaruh variabel independen mempengaruhi variabel dependen. Persamaannya adalah Y = 1,248 + 0,381 X1 + 1,037 X2 + 0,572 X3 + 1,607 X4 + e dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa untuk variabel Modal (X1), Pendidikan (X2), Pengalaman Berdagang (X3), Curahan kerja (X4) bernilai positif yang berarti apabila nilai dari masing-masing variabel akan meningkatkan keuntungan pedagang ikan hias.Sedangkan hasil Uji t secara parsial diketahui variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah Modal, Curahan Kerja, Pengalaman, Pendidikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap tingkat pendapatan pedagang ikan hias di pasar ikan hias gunungsari Surabaya yaitu curahan kerja dimana setiap penambahan 1 HOK dan variabel lain dianggap konstan maka pendapatan akan naik senilai sebesar 1.607. Adapun saran untuk pedagang ikan hias untuk meningkatkan modal yang bertujuan meningkatkan jumlah barang dagangan. Barang dagangan yang lebih banyak dan berbagai macam diharapkan dapat meningkatkan pendapatan. Peningkatan Curahan kerja pedagang dengam pemanfaatan waktu luang yang dapat di gunakan untuk berdagang. Dengan durasi waktu berdagang yang lebih lama diharapakan omset pedagang ikan hias akan naik. Lamanya pengalaman berdagang diharapkan mampu meningkatkan sistem penjualan dan sistem berdagang. Dengan bermodalkan pengalaman pedagang dapat berdagang tanpa harus menunggu calon konsumen dating, serta dapat memasarkan dengan jangkuan yang lebih luas dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Serta saran untuk pegelola pasar ikan hias gunung sari Surabaya adalah lebih aktif dalam mempromosikan pasar ikan hias Gunungsari agar lebih dikenal masyarakat Surabaya dan luar Surabaya dengan cara melalui media massa, cetak, dan elektonik serta membuat spanduk dilokasi yang strategis agar para konsumen mengetahui keberadaan pasar ikan hias Gunungsari. Sedangkan saran untuk peneliti dan lembaga akademis lain agar bisa dilakukan penelitian lebih lanjut tentang beberapa faktor yang belum di jelaskan dalam laporan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2012/40/051203667
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Nov 2012 13:59
Last Modified: 21 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/133051
[thumbnail of ARTIKEL_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item