Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kecap Manis Organik ViO (Studi Kasus: Home Industry Vigur Organik Malang)

Anisah, Rizqi (2016) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kecap Manis Organik ViO (Studi Kasus: Home Industry Vigur Organik Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan kesehatan telah mendorong permintaan bahan pangan yang ramah lingkungan dan diklasifikasikan sebagai alami atau produk organik atau produk “green” karena dianggap mempunyai kualitas yang sangat baik, mengandung residu kimia lebih rendah daripada pangan yang dihasilkan pertanian konvensional. Pada era globalisasi seperti sekarang ini baik masyarakat dunia maupun masyarakat Indonesia sendiri pun mulai mengembangkan pertanian organik dan mengolahnya menjadi produk olahan. Salah satu produk olahan organik yang ada dipasaran adalah kecap manis organik. Kepuasan konsumen dapat kita nilai dari atribut kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Home industry Vigur Organik Malang. Selain itu, keamanan pangan juga menjadi penting dalam menilai kepuasan konsumen karena sebagian masyarakat menuntut adanya produk yang dapat memberikan jaminan keamanan pangan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan penerapan sistem dasar keamanan pangan pada proses pembuatan produksi kecap manis organik ViO. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif dengan menggunakan metode Importance Performance Analyze (IPA) dan Consumer satisfaction Index (CSI). Metode IPA digunakan untuk menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut produk kecap manis organik ViO dan metode CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen secara keseluruhan. Sedangkan untuk analisis penerapan sistem dasar keamanan pangan menggunakan form check list penerapan GMP dan SSOP. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil perhitungan kesesuaian antara kinerja home industry dengan tingkat kepentingan pada kualitas produk kecap manis organik ViO sebesar 97,07% dan tingkat kepentingan pada kualitas pelayanan kecap manis organik ViO sebesar 93,52%. Artinya, tingkat kesesuaian seluruh atribut kualitas produk dan kualitas pelayanan tinggi. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk kecap manis organik ViO didapat sebesar 78,02% dan terhadap kualitas pelayanan sebesar 72,56%. Artinya, konsumen merasa puas dengan kinerja home industry Vigur Organik Malang dengan rentang skala 66%-80%. Sedangkan penerapan sistem dasar keamanan pangan, nilai penerapan GMP pada proses pembuatan kecap manis organik ViO sebesar 80,3%, artinya dalam penerapan GMP Vigur Organik Malang sudah cukup memenuhi dan untuk penerapan SSOPnya sebesar 76,92% setelah dilakukan audit yang artinya penerapannya sudah memenuhi syarat dasar keamanan pangan. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini yaitu memperbaiki atribut kemasan dengan mengubah desain bentuk kemasan yang digunakan saat ini diubah menjadi kemasan yang menarik dan unik serta menjadi ciri khas bagi Vigur Organik atau dengan membuat kemasan saset dan botol ukuran besar. Selain itu, pada kemasan kecap manis organik diberi nomor customer service sehingga dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi maupun pemesanan ulang produk kecap manis organik. Sedangkan untuk penerapan prinsip dasar keamanan pangan, parameter yang perlu diperbaiki adalah laboratorium. Vigur Organik perlu membangun laboratorium pribadi untuk memudahkan dalam mengontrol kualitas produk kecap manis organik. Dan yang utama adalah untuk membangun ruang atau tempat produksi dan penyimpanan bahan baku, peralatan dan produk akhir. Kelengakapn karyawan seperti seragam, penutup kepala, masker dan sarung tangan perlu disediakan untuk menjaga kegigienisan produk.

English Abstract

Increased attention and public awareness of the environment and health has driven demand for food that is environmentally friendly and are classified as natural or organic products or "green" products because it is considered to have excellent quality, contain chemical residues lower than food produced by conventional farming. In the era of globalization, as now both the world community and the people of Indonesia itself began to develop organic farming and processing into refined products. One of processed organic products in the market are organic soy sauce. Consumer satisfaction can we attribute the value of quality products and quality of services provided by Vigur Organic Malang home industry. Additionally, food safety has also become important in assessing customer satisfaction because some communities requires products that can guarantee food safety. Based on this, the goal of the research that has been done is to analyze the effect of product quality and service quality on customer satisfaction and the application of the basic system of food safety in the production of organic soy sauce production VIO. The analytical method used in this research is descriptive analysis and qualitative analysis using Importance Performance Analyze (IPA) and the Consumer Satisfaction Index (CSI). IPA method is used to analyze the level of interest and the level of performance attributes of organic soy sauce products VIO and CSI methods used to determine the overall level of customer satisfaction. As for the analysis of food safety system application basis using the check list form application of GMP and SSOP. Based on research, the calculation results obtained correspondence between the performance of the home industry with a level of importance on product quality organic soy sauce ViO at 97.07% and the level of importance on service quality organic soy sauce ViO at 93.52%. That is, the concordance rate of all the attributes of product quality and service quality high. Analysis of customer satisfaction with product quality organic soy sauce VIO obtained at 78.02% and the quality of service by 72.56%. The consumers were satisfied with the performance of Vigur Organic Malang home industry with the scale range 66% - 80%. While the application of the basic system of food safety, the value of the application of GMP in the production of organic soy sauce ViO at 80.3%, meaning that in the implementation of GMP Vigur Organic Malang is enough to meet and for the implementation of SSOP is 76.92% after the audit, which means that its application meets the basic requirement of food safety. Advice can be given in this research is to improve the packaging attributes by changing the design of the form of packaging that is used today converted into attractive packaging and unique, and the hallmark for Vigur Organic or by making packaging sachet and bottle size. Additionally, the packaging of organic soy sauce are numbered customer service so it can be easier for consumers to obtain information and reorder products of organic soy sauce. As for the application of the basic principles of food safety, the parameters that need to be corrected is a laboratory. Vigur Organic need to build a private laboratory to facilitate in controlling product quality organic soy sauce. And the main thing is to build a space or place of production and storage of raw materials, equipment and final products. Kelengakapn employees such as uniforms, hairmask, masks and gloves should be provided to keep hygienically product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/797/051610676
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 11 Jan 2017 09:51
Last Modified: 19 Oct 2021 13:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131796
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item