MerediansyahAmalulKhoiri (2016) Pendekatan Target Costing Dalam Rangka Meningkatkan Efisiensi Produksi Kopi Bubuk Surya (Studi Kasus Pada Ud. Surya Mandiri, Desa Ngaesem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawatimur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kopi merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi diantara tanaman perkebunan lainnya, dan memiliki peluang pasar baik dalam negeri maupun luar negeri. Kopi juga menjadi komoditi andalan perkebunan yang mempunyai peran sebagai penghasil devisa negara, sumber pendapatan petani, penciptaan lapangan kerja, serta pendorong agribisnis dan agroindustri. Indonesia merupakan negara berbasis agroindustri pertanian yang berkembang. Dewasa ini persaingan antar perusahaan di tingkat agroindustri kecil menengah yang semakin kompetitif menawarkan berbagai macam produk salah satunya adalah hasil olahan kopi. Setiap badan usaha dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba. Peningkatan laba perusahaan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pendapatan (harga jual atau volume penjualan) dan menurunkan biaya, yang merupakan unsur penting bagi perusahaan dalam memenangkan persaingan di pasar. UD. Surya Mandiri adalah salah satu UKM berbasis Agribisnis di Kabupaten Kediri yang menghasilkan produk kopi bubuk surya. Namun, dalam pemasarannya perusahaan memiliki pesaing di bidang yang sama. Persaingan bukan mengenai kualitas namun mengenai harga jual, yaitu kompetitor mampu menjual dengan harga yang sedikit lebih murah. Permasalah lainnya adalah fluktuasi harga bahan baku, sedangkan perusahaan hanya mampu membeli bahan baku untuk persediaan tiga bulan saja. Hal tersebut menyebabkan harga jual produk yang ditetapkan di pasaran menjadi kurang kompetitif. Untuk mencapai laba di tengah persaingan digunakan pendekatan metode target costing, yaitu merupakan proses sistematis yang menggabungkan manajemen biaya secara efisien dan perencanaan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis biaya standar yang telah digunakan perusahaan, (2) menganalisis target costing untuk mengetahui biaya yang efisien digunakan, (3) mendeskripsikan perbandingan biaya dan keuntungan dari hasil metode perusahaan (traditional costing) dengan metode target costing. Metode penentuan responden menggunakan key informan, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah perhitungan biaya standar dengan menggunakan metode full costing untuk mengetahui biaya dan keuntungan perusahaan yang selama ini sudah diterima, dan metode target costing untuk mengefisienkan biaya produksi. Kemudian dilakukan analisis diskriptif komparatif terhadap dua hasil perhitungan biaya produksi menurut biaya standar perusahaan dengan metode menurut target costing. Dapat diketahui, bahwa dengan menggunakan full costing jumlah biaya produksi yang dibebankan per kilogram untuk kopi bubuk surya pada tahun 2014 sebesar Rp10.709,36 dari total biaya produksi sebesar Rp616.859.333,33 per tahun, dengan keuntungan sebesar Rp2.790,64 (20%) per kilogram atau setara dengan Rp160.740.666,67 per tahunnya. Pada tahun 2015 biaya yang dikeluarkan untuk perkilogram kopi bubuk surya sebesar Rp10.232,78 dari total biaya sebesar Rp785.877.863,25 pertahun, dengan keuntungan yang diterima sebesar Rp2.767,22 (21%) per kilogram, atau setara dengan Rp202.538.136,75 per tahunnya. Setelah menggunakan metode target costing, dapat diketahui biaya produksi yang efisien digunakan untuk per satuan kilogram kopi bubuk surya dengan target laba sebesar 23 % pada tahun 2014 senilai Rp10.935,00 dengan total biaya produksi setahun sebesar Rp598.752.000,00. Untuk tahun 2015 biaya produksi untuk kopi bubuk surya yang efisien digunakan dengan target laba sebesar 24 % adalah sebesar Rp9.880,00 untuk per kilogram dengan total biaya sebesar Rp758.784.000,00 per tahunnya. Hasil dari perbandingan perhitungan biaya menurut perusahaan (traditional cost) dengan perhitungan menurut metode target costing, maka dapat diketahui dengan metode target costing dapat memberikan penghematan biaya produksi sebesar Rp18.061.926,07 pada tahun 2014, dengan pengehematan per kilogramnya sebesar Rp314,00. Pada tahun 2015 perusahaan mampu menghemat biaya sebesar Rp27.093.047,99 per tahunnya, dengan penghematan untuk per kilogramnya sebesar Rp352,77 sehingga dapat tercapainya target laba yang diharapkan perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa perusahaan selama dua tahun terakhir, yaitu pada tahun 2014 dan 2015 belum bisa mencapai target laba yang diharapkan, dikarenakan perencanaan biaya produksi yang kurang efisien. Dengan menggunakan metode target costing perusahaan mampu menghitung besar biaya produksi yang efisien digunakan untuk kopi bubuk surya pada tahun 2014 dan 2015. Dari hasil membandingkan biaya menurut perusahaan dengan hasil perhitungan biaya menurut target costing, dapat diketahui bahwa dengan metode perhitungan target costing perusahaan mampu menghemat sejumlah biaya produksi kopi bubuk surya pada tahun 2014 dan 2015. Saran yang dapat diberikan terkait hasil penelitian, sebaiknya perusahaan menggunakan metode target costing untuk menentukan biaya produksi yang efisien digunakan untuk mencapai target laba yang diharapkan. Untuk menekan biaya produksi kopi bubuk surya, perusahaan bisa melakukan sistem upah intensif, karena mampu menekan biaya tenaga kerja. Selain itu perusahaan bisa menggunakan target produksi per hari, sehingga apabila dikalkulasikan dalam satu bulan biaya akan semakin rendah.
English Abstract
Coffee is one of the results of the commodity plantations that have economic value is quite high among other plantation crops, and has a good market opportunity within the country and abroad. Coffee has also become the mainstay of the plantation commodities that have a role as a foreign exchange earner of the country, sources of income, job creation, as well as the drivers of agribusiness and agro-industries. Indonesia is a country based agro-industries of agriculture develops. Nowadays the competition between companies at the level of small and medium agro-industries are increasingly competitive offers a wide range of products, one of which is the result of processed coffee. Every business entity is required to have a competitive advantage to Achieve the objectives of the company that is getting a return. The companys profit improvement can be done by way of increase of revenues (sales price or volume of sales) and lowering costs, the which is an important element for the company in winning the competition in the market. UD. Surya Mandiri is one of the SME based Agribusinessin the Kediri Regency produce Surya coffee. However, in its marketing company has competitors in the same field. The competition is not about quality but about the sale price, that competitors are Able to sell at a price that is slightly cheaper. The other problem is the Fluctuation in the price of raw materials, while the company was only Able to buy raw materials for the preparation of three months only. It also results in the selling price of the product specified in the market Becomes less competitive. To achieve profits in the Midst of competition used target costing method approach, that is the process that efficiently combines systematic cost management and profit planning. The purpose of this research is (1) to analyze the cost of a standard that has been used the company, (2) analyze the target costing in order to know the cost-efficient use, (3) describe the comparative costs and benefits of the companys method results (traditional costing) and target costing method. Method of determination of the respondents use of key informants, while the method of data analysis used is the standard cost calculation by using the method of full costing for knowing the costs and profits of companies that had already accepted, and target costing methods to streamline the cost of production. Diskriptif comparative analysis done of two calculation result production costs according to the standard fee method according to Corporation with target costing. Research results can be known, that by using the full amount of the cost of production costing charged per kilogram for surya coffee in 2014 Rp10.709,36 of a total production cost of Rp616.859.333,33 per year, with a profit of Rp2.790,64 (20%) per kilogram or equivalent with Rp160.740.666,67 per year. By 2015 the cost for surya coffee is amounting to Rp10.232,78 from total cost amounting to Rp785.877.863,25 per year, with a turnover of received Rp2.767,22 (21%) per kilogram, or equivalent to Rp202.538.136,75 per year. After using the methods of target costing, production costs can be found efficiently used for per unit of kilogram surya coffee with the target profit of 23% in 2014 worth Rp10.935,00 with total production costs of Rp598.752.000,00 for the year. For the year 2015, the cost of production for an efficient solar ground coffee used by 24% of profit target is Rp9.880,00 per kilogram with total cost amounting to Rp758.784.000,00 per year. The result of the comparison of the calculation of costs according to the company (traditional cost) calculated according to the method of target costing, then known by the method of target costing can provide cost savings amounting to Rp18.061.926,07 production by 2014, with saving for one kilogram of Rp314,00. By 2015 the company was able to save the cost of Rp 27.093.047,99 per year, with savings for one kilogram of Rp352,77 so that it can achieve the expected profit target companies. It can be concluded that during the last two years, namely in 2014 and 2015 has not been able to achieve the expected profit target, due to the planning of production costs that are less efficient. By using the method of target costing the company is able to calculate the cost of efficient production used for surya coffee in 2014 and 2015. From the results of comparing the costs according to the company with the results of the calculation of costs according to the target costing, it can be noted that with the methods of calculation of target costing the company was able to save a number of surya coffee production costs in 2014 and 2015. Advice can be given related research results, we recommend that companies use target costing method to determine the cost-efficient production is used to achieve the expected profit target. To compress the surya coffee production costs, the company can perform intensive, because the wage system is capable of suppressing labor costs. In addition the company could use the target production for one day, so that when calculated in one month it will cost getting lower.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/645/051609332 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 14:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131652 |
Preview |
Text
2._Cover_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._Daftar_isi.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
6._Bab_6_+_lampiran_1.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
5._Bab_5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
4._Bab_1-4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
6.1_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6.2_Lampiran_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6.3_Lampiran_3.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_SKRIPSI_.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |