Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Positioning Merek Pada Produk Kecap Lokal Di Kabupaten Tuban (Studi Kasus Perumahan Puri Indah, Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban).

Pratiwi, NoviaLinda (2016) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Positioning Merek Pada Produk Kecap Lokal Di Kabupaten Tuban (Studi Kasus Perumahan Puri Indah, Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kedelai di Indonesia merupakan komoditas pangan tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan saja. Komoditas kedelai juga untuk mendukung agroindustri, menghemat devisa serta mengurangi ketergantungan impor. Di era industrialisasi saat ini kedelai sudah diolah menjadi aneka bahan makanan salah satunya yaitu kecap. Kecap manis memiliki banyak manfaat dan bernilai gizi tinggi, oleh karena itu permintaan kecap manis di Indonesia sangat tinggi. Oleh karena itu, perusahaan kecap memiliki peluang untuk terus berkembang dan memperluas daerah pemasaran masih terbuka lebar. Salah satu kabupaten yang memproduksi kecap lokal yaitu Kabupaten Tuban. Peluang ini telah membentuk persaingan merek kecap lokal menjadi ketat antara salah satu merek dari CV Laron Manunggal Putra yaitu Kecap Cap Laron dengan merek pesaing yang sejenis di kabupaten tuban. Merek pesaing ini adalah Kecap Cap Kangkung dan Kecap Cap Keong yang masing-masing merek memiliki keunggulan. Semakin ketatnya persaingan antar produsen kecap, menjadikan adanya persaingan penjualan yang semakin ketat sehingga perusahaan perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan hati konsumennya dengan cara menawarkan atribut-atribut yang berbeda dari pesaing sehingga menciptakan suatu differensiasi produk yang unik. Salah satu strategi adalah positioning yang merupakan usaha untuk menanamkan citra produk di benak konsumen yang menjadi target pasarnya. Positioning bertujuan untuk memberi kesan dan persepsi tertentu kepada konsumen. Terbentuknya persepsi yang positif terhadap atribut yang melekat pada suatu produk akan semakin mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Ketika perusahaan menghubungkan suatu merek dengan atribut dan atribut tersebut dipandang memiliki makna bagi konsumen dan konsumen mempercayainya, maka konsumen akan menerjemahkan hubungan atribut dengan merek tersebut menjadi sebuah alasan atau motif untuk membeli merek tersebut. Penelitian ini perlu dilakukan agar perusahaan kecap lokal di Kabupaten Tuban mengetahui atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk kecap serta mengetahui positioning mereknya berdasarkan persepsi konsumen sehingga perusahaan dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dengan harapan perusahaan dapat bertahan ditengah persaingan dan meningkatkan penjualan perusahaan sehingga perusahaan dapat meningkatkan keuntungan. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan di Perumahan Puri Indah, Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Obyek penelitian adalah merek Kecap Cap Laron serta merek kecap lainnya yaitu Kecap Cap Kangkung dan Kecap Cap Keong. Sedangkan atribut yang diteliti yaitu rasa, harga, ukuran kemasan, daya tahan produk, promosi dan kemudahan diperoleh. Metode ii penentuan responden, pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah reponden sebanyak 50 orang. Metode pengambila Data. Data yang digunakan adalah data primer (melalui wawancara dan observasi) dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui atribut yang menjadi pertimbangan konsumen pada merek produk kecap lokal di Kabupaten Tuban yaitu dengan Uji Cochran Q test. Untuk mengetahui positioning merek Kecap Cap Laron dan merek lainnya berdasarkan persepsi konsumen adalah dengan Analisis Ranking Modus Preferensi yang digunakan untuk mengetahui peringkat produk dari yang paling disukai oleh konsumen yang kemudian menggunakan Correspondece Analysis (CA) untuk mengetahui positioning merek berdasarkan atribut yang menguatkan mereknya. Hasil penelitian adalah: (1) Atribut yang menjadi pertimbangan konsumen pada merek produk kecap lokal di Kabupaten Tuban yaitu atribut rasa, harga, ukuran kemasan, daya tahan produk, promosi dan kemudahan diperoleh. (2) Positioning merek Kecap Cap Laron dan merek lainnya berdasarkan persepsi konsumen dari Analisis Ranking Modus Preferensi didapatkan bahwa produk yang paling disukai secara berurutan adalah merek Kecap Cap Laron; Kecap Cap Kangkung; Kecap Cap Keong dengan nilai modus berturut-turut adalah 4,6 : 4,2 : 3,6. Selain itu juga diketahui bahwa pesaing terberat dari Kecap Cap Laron adalah Kecap Cap Kangkung. Hasil analisis Correspondece Analysis (CA) menyatakan bahwa positioning merek Kecap Cap Laron berdasarkan persepsi konsumen kuat pada atribut rasa dan ukuran kemasan, positioning merek Kecap Cap Kangkung berdasarkan persepsi konsumen kuat pada atribut promosi dan kemudahan diperoleh, positioning merek Kecap Cap Keong berdasarkan persepsi konsumen kuat pada atribut harga dan daya tahan. Saran dari penelitian ini adalah : (1) Kecap Cap Laron memiliki kelemahan pada atribut harga, daya tahan produk, promosi dan kemudahan diperoleh sehingga perusahaan diharapkan untuk meningkatkan keempat atribut tersebut (2) Dengan mengetahui persepsi konsumen terhadap posisi merek Kecap Cap Laron, Kecap Cap Kangkung dan Kecap Cap Keong maka dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/493/051608378
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2016 09:25
Last Modified: 19 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131500
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item