Brand Journalism dalam Perusahaan BUMN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas PT. Dirgantara Indonesia (PERSERO) dalam Memanfaatkan Instagram Sebagai Media Publikasi)

Riyanto, Nadira Tara (2018) Brand Journalism dalam Perusahaan BUMN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas PT. Dirgantara Indonesia (PERSERO) dalam Memanfaatkan Instagram Sebagai Media Publikasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi publikasi Humas PTDI dalam pemanfaatan media sosial Instagram yang tidak memiliki latar belakang jurnalis. Adanya media sosial saat ini dapat menjadikan semua perusahaan bisa menjadi media dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, namun agar dapat menarik perhatian mereka sudah tidak bisa hanya dengan sekedar publikasi yang menyampaikan pesan satu arah atau hanya menguntungkan satu pihak saja melainkan perusahan harus dapat menggali cerita mengenai perusahaan itu sendiri yang merupakan informasi penting untuk dibagikan dan dilengkapi dengan kemampuan jurnalistik. Dalam penelitian yang dilakukan ini, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan interpretif. Terdapat dua sumber data yang digunakan yaitu data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Interaktif dari model Miles, Huberman & Saldana. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa strategi publikasi yang dilakukan oleh humas PTDI yang tidak memiliki latar belakang seorang jurnalis telah sesuai dengan Brand Journalism yaitu publikasi yang dilengkapi kemampuan jurnalistik

English Abstract

This study aims to find out how the PTDI PR publication strategy in the use of Instagram social media that has no journalist background. The existence of social media at this time can make all companies can become media and disseminate information to the public, but in order to attract their attention it can not only be a publication that delivers a one-way message or only benefits one party but the company must be able to explore the story of the company itself which is important information to be shared and equipped with journalistic abilities. In this research, the method used in this study is qualitative using an interpretive approach. There are two data sources used, namely primary data from interviews and secondary data from the documentation. The data analysis technique used is the Interactive model of the Miles, Huberman & Saldana models. The results of this study found that the publication strategy carried out by PTDI public relations who do not have a journalist background is in accordance with Brand Journalism which is a publication equipped with journalistic abilities

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/714/051809417
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Strategi Publikasi, Brand Journalism Public Relations, Publication Strategy, Brand Journalism.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Jan 2019 07:41
Last Modified: 19 Jun 2024 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13148
[thumbnail of Nadira Tara Riyanto.pdf]
Preview
Text
Nadira Tara Riyanto.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item