Dwiparasayu, Auliarachmah (2018) Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Donasi (Kampanye Melawan Dunia #NICURangers pada Platform Crowdfunding Kitabisa.com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Elaboration Likelihood Model (ELM) merupakan teori yang menjelaskan bagaimana individu menerima dan mengolah pesan tertentu kemudian memprosesnya hingga menimbulkan perubahan sikap. Penggunaan selebriti sebagai endorser dalam pemasaran dianggap mampu mempengaruhi dan mendapatkan perhatian konsumen mengenai suatu produk atau jasa yang diiklankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari celebrity endorser sebagai sumber pesan kampanye terhadap proses keputusan melakukan donasi secara online. Khususnya difokuskan pada kegiatan berdonasi online pada aksi kampanye Melawan Dunia #NICURangers melalui platform crowdfunding kitabisa.com. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang followers dari kedua akun fanbase instagram endorser. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah aksi kampanye sosial Melawan Dunia #NICURangers yang telah dilakukan oleh kedua endorser, yaitu RAN dan Yura Yunita yang telah diposting dalam akun fanbase instagram mereka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis baik secara simultan maupun parsial dapat diterima. bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel attractiveness, trustworthiness dan expertise terhadap variabel keputusan donasi kampanye Melawan Dunia #NICURangers pada platform online kitabisa.com. Kredibilitas dan kepercayaan yang dimiliki oleh endorser dapat memperoleh perhatian konsumen yang akhirnya berpengaruh pada pengambilan keputusan akan produk atau jasa. Dan dalam pengujian secara parsial, variabel trustworthiness memberikan pengaruh paling dominan diantara variabel lainnya.
English Abstract
Elaboration Likelihood Model (ELM) is a theory that explains how individuals receive and manipulate certain messages and then process it to cause a change in attitude. The use of celebrity as an endorser in marketing deemed capable of influencing the consumer's attention and get about a product or service being advertised. The purpose of this research is to know the influence of celebrity endorser as a source of campaign messages against the decision process donation online. Particularly focused on the activities of the donate online in action campaign against the world of crowdfunding platform through #NICURangers kitabisa.com. The respondents in this study was 100 people followers of both accounts fanbase instagram endorser. The object of the research in this study is the social action campaign Against the world #NICURangers has been done by both the endorser, i.e. RAN and Yura Yunita who was posted in account their fanbase instagram. This type of research is quantitative research with the positivistic approach. Based on the overall results showed that the hypothesis either simultaneously or partial can be accepted. that there is a significant influence of the variable attractiveness, trustworthiness and expertise towards the donation decision variables of the campaign against the world #NICURangers on the kitabisa.com online platform. Credibility and trust which is owned by the endorser may gain the attention of consumers who ultimately influence on decision making will be product or service. And in the testing of partially variable, giving the dominant influence of trustworthiness amongst other variables.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/719/051809468 |
Uncontrolled Keywords: | ELM, Celebrity Endorser, Crowdfunding, keputusan pembelian, donasi online. ELM, Celebrity Endorser, Crowdfunding, purchase decision, online donation. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 02:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 04:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13146 |
Text
Auliarachmah Dwiparasayu.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |