Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Konsumen Terhadap Pembelian Beras Organik Di Pt. Galaksi Organik

Damayanti, Alfiana (2018) Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Konsumen Terhadap Pembelian Beras Organik Di Pt. Galaksi Organik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan penyakit tidak menular kronis di Indonesia seperti stroke, jantung koroner, kanker, dan diabetes semakin meningkat akibat perubahan gaya hidup masyarakat yang kurang sehat terutama pada hal pangan. Hal ini menghasilkan banyaknya gerakan gaya hidup sehat seperti pola pangan organik. Beras sebagai salah satu produk pangan organik merupakan pangan pokok masyarakat Indonesia. Harga beras organik yang lebih tinggi daripada beras nonorganik mempengauhi kesediaan membayarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis estimasi dan persentase perubahan harga beras organik yang bersedia dibayar oleh konsumen, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen dalam mengonsumsi beras organik. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Contingent Valuation Method (CVM) guna mengetahui besar nilai harga beras organik yang bersedia dibayar, serta persentase perubahan nilai harga tersebut terhadap harga awal yang berlaku dengan menggunakan metode bidding games pada instrument kuisioner yang digunakan. Analisis faktor yang mempengauhi kesediaan membayar tersebut menggunakan teknik analisis regresi logistik. Terdapat sembilan faktor yang dianalisis dan diduga mempengaruhi kesediaan membayar beras organik, meliputi faktor jenis kelamin, usia, tingkat penidikan, pekerjaan, uang belanja konsumen, kepedulian, keyakinan, persepsi harga, dan kemudahan akses. Hasil penelitian dengan menggunakan 43 konsumen beras organik sebagai responden penelitian menunjukkan bahwa 90,7% responden menyatakan bersedia membayar lebih harga produk beras organik. Nilai analisis rataan WTP (willingness to pay) untuk produk beras putih organik sebesar Rp. 21.465,12 yang mengalami peningkatan perubahan harga sebesar 7,33% lebih tinggi daripada harga awal produk beras putih organik. Sedangkan nilai analisis rataan WTP pada produk beras merah organik dengan sebesar Rp. 30.674,42. Nilai rataan tersebut peningkatan sebesar 9,55% dari harga awal produk. Analisis faktor dalam penelitian ini menggunakan tingkat kesalahan 15% yang menghasilkanfaktor faktor pekerjaan dan faktor akses produk sebagai faktor yang mempengaruhi konsumen dalam bersedia membayar lebih produk beras organik.

English Abstract

The problems of chronic non-communicable diseases in Indonesia such as stroke, coronary heart disease, cancer, and diabetes are increasing due to changes in the lifestyles of less healthy people, especially in terms of food. This results in many healthy lifestyle movements such as organic food patterns. Rice as one of organic food product is staple food of Indonesian society. Higher organic rice prices than non-organic rice have the willingness to pay. This study aims to analyze estimates and percentage changes in organic rice prices that are willing to be paid by consumers, as well as analyzing the factors that affect consumers' willingness to pay in consuming organic rice. Analytical technique in this research use Contingent Valuation Method (CVM) to know the value of organic rice price that is willing to be paid, and the percentage change of the price value to the prevailing starting price by using bidding games method on the questionnaire instrument used. Factor analysis that perceives willingness to pay using logistic regression analysis technique. There were nine factors analyzed and suspected to affect the willingness to pay for organic rice, including sex, age, level of investigation, employment, consumer spending, concern, confidence, price perceptions, and ease of access. Result of research by using 43 consumer of organic rice as respondent of research indicate that 90,7% respondents stated willing to pay more price of organic rice product. The average value of WTP (willingness to pay) analysis for organic white rice products is Rp. 21,465.12 which experienced an increase in price change of 7.33% higher than the initial price of organic white rice products. While the average value of WTP analysis on organic red rice products with Rp. 30.674,42. The average value is an increase of 9.55% from the initial price of the product. Factor analysis in this research use error rate 15% which produce factor of work factor and product access factor as factor influencing consumer in willing to pay more organic rice product. ii

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/593/051809769
Uncontrolled Keywords: Willingness To Pay, Konsumen, Pembelian, Harga, Beras Organik
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.19 Food Supply
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Jan 2019 07:18
Last Modified: 19 Oct 2021 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13095
[thumbnail of ALFIANA DAMAYANTI.pdf]
Preview
Text
ALFIANA DAMAYANTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item