Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Jenang di Kabupaten Kudus (Studi Kasus pada Produk Jenang “Mubarok” di Toko Sinar 33

Damara, DiarHilmi (2015) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Jenang di Kabupaten Kudus (Studi Kasus pada Produk Jenang “Mubarok” di Toko Sinar 33. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pengolahan makanan di Indonesia jumlahnya dari tahun 2011 hingga 2013 terus mengalami peningkatan, dari 5.564 industri pada tahun 2011, 5.662 industri pada tahun 2012, dan 5.852 industri pada tahun 2013. Hal ini sesuai dengan upaya pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya melalui peran agroindustri. Ini dikarenakan sektor agroindustri memberikan kontribusi sebesar 18,74 persen terhadap PDB Provinsi Jawa Tengah. Salah satu agroindustri yang bergerak dalam pengolahan makanan terbesar di Provinsi Jawa Tengah adalah CV. Mubarokfood Cipta Delicia yang mengolah bahan makanan menjadi jenang dan beberapa jenis makanan lain seperti dodol. Perusahaan ini memproduksi Jenang dengan merek “Mubarok” dimana merek ini telah dikenal oleh masyarakat karena pangsa pasar yang luas. Perusahaan memproduksi jenang dengan merek “Mubarok” pada tahun 1975 hingga saat ini, baik bentuk produk maupun kemasan jenang dengan rasa original dan kombinasi belum mengalami perubahan dan keberadaan produk jenang pesaing akan memberikan peluang bagi konsumen untuk beralih ke produk lain karena produk jenang yang ada saat ini kurang sesuai dengan keinginan konsumen. Oleh karena itu demi menjaga keberadaan konsumen dan eksistensi produk, perusahaan melakukan pengembangan terhadap produk jenang yakni dengan membuat desain atau konsep baru mengenai karakteristik dari produk jenang sesuai dengan tingkat preferensi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis atribut produk jenang yang menjadi prioritas berdasarkan tingkat preferensi konsumen. (2) menganalisis stimuli (kombinasi level atribut) produk jenang yang mempunyai nilai tingkat preferensi konsumen tertinggi. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive dengan pertimbangan bahwa lokasi ini merupakan pusat penjualan Jenang “Mubarok”. Penelitian dilakukan di Toko Sinar 33 Kabupaten Kudus yang merupakan toko yang dibentuk perusahaan untuk menjual hasil produksi. Sedangkan metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) analisis kualitatif untuk mendeskripsikan karakteristik responden pada daerah penelitian (2) analisis kuantitatif menggunakan analisis Konjoin (Conjoint Analysis). Sedangkan untuk menguji kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan SPSS 17.0. Berdasarkan analisis Konjoin dari keempat atribut yang diteliti, yakni; rasa, warna, ukuran kemasan, dan label didapatkan hasil (1) atribut produk jenang yang menjadi prioritas berdasarkan tingkat preferensi konsumen adalah atribut ukuran kemasan dengan nilai sebesar 43,8%. (2) stimuli (kombinasi level atribut) produk jenang yang mempunyai tingkat preferensi konsumen tertinggi adalah stimuli 10 yang merupakan jenang dengan karakteristik ukuran kemasan 30 pcs, terdapat label yang lengkap pada kemasan, warna original, dan rasa jenang original menjadi stimuli (kombinasi level atribut) yang memiliki tingkat preferensi konsumen tertinggi atau dalam kata lain merupakan desain/konsep produk yang paling diminati oleh sebagian besar responden. Berdasarkan perhitungan Konjoin, Stimuli

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/500/051507493
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Oct 2015 10:36
Last Modified: 19 Oct 2021 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130514
[thumbnail of BAB_III_KERANGKA_TEORITIS.pdf]
Preview
Text
BAB_III_KERANGKA_TEORITIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB_V_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI_PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB_VI_PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1COVER.pdf]
Preview
Text
1COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
2RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item