Pengaruh Infeksi Tunggal Dan Ganda Citrus Tristeza Virus (Ctv) Dan Citrus Vein Enation Virus (Cvev) Terhadap Gejala Dan Pertumbuhan Tanaman Jeruk Purut (Citrus Hystrix

Handoko, RoseNovitaSari (2015) Pengaruh Infeksi Tunggal Dan Ganda Citrus Tristeza Virus (Ctv) Dan Citrus Vein Enation Virus (Cvev) Terhadap Gejala Dan Pertumbuhan Tanaman Jeruk Purut (Citrus Hystrix. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan Diadakannya Penelitian Pengaruh Infeksi Tunggal Dan Ganda Ctv Dan Cvev Yaitu Untuk Mengetahui Gejala Dan Perbedaan Pertumbuhan Yang Ditimbulkan Oleh Infeksi Ctv Dan Cvev Pada Tanaman Jeruk Purut. Penelitian Ini Dilaksanakan Di Screen House Dan Laboratorium Balitjestro (Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah Subtropika), Batu Dan Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Jatikerto Universitas Brawijaya. Pelaksanaan Penelitian Pada Bulan Oktober 2014 Sampai April 2015. Penelitian Ini Dilakukan Dengan Rancangan Acak Lengkap (Ral) Dengan 6 Perlakuan Dengan 5 Ulangan, Masing – Masing Perlakuan Dan Ulangan Terdiri Dari 2 Tanaman Sehingga Diperoleh 60 Tanaman. Data Yang Diperoleh Dari Pengamatan Dianalisis Dengan Menggunakan Uji F Pada Taraf 5% Kemudian Dilanjutkan Dengan Uji Beda Nyata Jujur (Bnj) Pada Taraf 5%. Variabel Pengamatan Yaitu Masa Inkubasi, Gejala Ctv Dan Cvev, Kerusakan Jaringan, Uji Serologi, Tinggi Tanaman (Cm), Jumlah Daun (Helai), Luas Daun (Cm2). Hasil Penelitian Menunjukkan Infeksi Tunggal Ctv Dan Cvev Serta Infeksi Ganda Mempengaruhi Terhadap Masa Inkubasi Ctv Terhadap Gejala Vein Clearing Paling Cepat Diperoleh Pada Perlakuan Infeksi Ganda Ctv Diboster Cvev, Gejala Cupping Terjadi Pada Perlakuan Infeksi Ganda Cvev Diboster Ctv, Gejala Vein Enation Terjadi Pada Perlakuan Infeksi Tunggal Cvev. Gejala Terbanyak Diperoleh Pada Perlakuan Infeksi Ganda Cvev Diboster Ctv Yaitu Vein Clearing Dan Cupping, Infeksi Ganda Ctv Dan Cvev Secara Bersamaan Yaitu Vein Clearing Dan Stem Pitting. Uji Serologi Dengan Das Elisa Pada 3 Kali Pengamatan (44 Hari Setelah Inokulasi, 86 Hari Setelah Inokulasi, 142 Hari Setelah Inokulasi) Menunjukkan Hasil Infeksi Ganda Lebih Besar Nilai Absorbansinya Dibandingkan Infeksi Tunggal. Infeksi Tunggal Dan Ganda Ctv Dan Cvev Belum Menunjukkan Perbedaan Yang Signifikan Pada Tinggi Tanaman. Namun, Untuk Jumlah Daun Dan Luas Daun Antara Infeksi Ganda Lebih Rendah Dibandingkan Dengan Infeksi Tunggal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/304/051504544
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Pertanian > Hama dan Penyakit Tanaman
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Aug 2015 11:35
Last Modified: 19 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130299
[thumbnail of kata_pengantar,_ringkasan,_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar,_ringkasan,_daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of isi.pdf]
Preview
Text
isi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Rose_Novita_Sari_Handoko._115040201111055._SKRIPSI_HPT.pdf]
Preview
Text
Rose_Novita_Sari_Handoko._115040201111055._SKRIPSI_HPT.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item