Analisis Brand Image Pada Produk Benih Padi Merek “Cap Tangan” (Studi Kasus Pada Kebun Benih Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto).

Wardani, NirmalaKusuma (2015) Analisis Brand Image Pada Produk Benih Padi Merek “Cap Tangan” (Studi Kasus Pada Kebun Benih Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki peluang dan sangat berpengaruh terhadap stabilitas sosial, ekonomi, politik serta memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan. Sektor pertanian tidak hanya sebagai sektor yang menyerap tenaga kerja yang tinggi namun juga sangat dibutuhkan sebagai penunjang keberhasilan pembangunan dan merupakan kunci dari ketahanan dan pemenuhan kebutuhan pangan nasional. Dewasa ini pola pemikiran petani modern telah menjadi ukuran standar kualitas. Dimulai dari kesadaran masyarakat modern akan benih bersertifikat maka muncullah perusahaan-perusahaan yang memproduksi benih bersertifikat, salah satunya yaitu UPT Pengembangan Benih Padi yang membuka beberapa Kebun Benih. Salah satunya Kebun Benih Jabon yang berlokasi di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kebun Benih Jabon bergerak dalam bidang penangkaran benih padi bersertifikat. Banyak cara yang dilakukan untuk dapat merebut perhatian konsumen dan untuk meningkatkan pangsa pasar, diantaranya adalah menciptakan brand image yang positif di mata konsumen dimana merek tersebut dapat diterima konsumen dan dianggap baik sehingga konsumen ingin mengkonsumsi produk dengan merek tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu bentuk penelitian tentang brand image dengan tujuan untuk dapat memperbaiki strategi pemasaran produk benih padi merek “Cap Tangan”. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dirumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana brand image yang diperoleh produk benih padi merek “Cap Tangan” berdasarkan variabel-variabel brand image yaitu strength, uniqueness dan favorable? 2) Bagaimana evaluasi strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada atribut-atribut dengan nilai selisih pada analisa brand image benih padi merek “Cap Tangan”? Berdasarkan pertanyaan penelitian tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan brand image benih padi merek “Cap Tangan” berdasarkan variabel-variabel brand image yaitu strength, uniqueness dan favorable. 2) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran atribut dengan melihat nilai selisih atribut pada produk benih padi merek “Cap Tangan”. Metode penentuan responden pada penelitian ini adalah menggunakan accidental sampling untuk responden konsumen dan Purposive Sampling untuk responden karyawan Kebun Benih Jabon. Sedangkan untuk metode analisis data antara lain menggunakan analisis deskriptif dan analisis sarang laba-laba untuk melihat perbedaan pandangan antara responden mengenai atribut yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis diperoleh : 1) Nilai dari rata-rata seluruh variabel brand image adalah 3,56 yang berarti konsumen memiliki pandangan bahwa citra merek dari produk benih padi merek “Cap Tangan” yang positif. 2) dengan menggunakan analisis sarang laba-laba, diketahui bahwa banyak perbedaan pandangan antara responden mengenai tiap atribut brand image produk benih padi merek “Cap Tangan” dari kedelapan atribut semuanya memiliki selisih nilai yang berbeda. Saran-saran yang dapat diajukan oleh pihak peneliti terhadap Kebun Benih Jabon guna menjaga bahkan mempertahankan brand image produk benih padi merek “Cap Tangan” adalah: 1) Dalam meningkatkan citra merek yang baik, maka Karyawan Kebun Benih Jabon harus mampu melihat pandangan akan produk dari sisi konsumen sehingga menciptakan kesamaan pandangan akan citra produk yang sama yaitu produk benih padi merek “Cap Tangan”. Hasil penelitian dari citra produk yang baik harap dipertahankan sedangkan beberapa atribut yang dinilai masih kurang harap dapat ditingkatkan lagi. 2) Untuk meningkatkan jumlah konsumen produk benih padi merek “Cap Tangan”, harus lebih memperhatikan promosi atau iklan untuk mempengaruhi konsumen dan menambah informasi konsumen akan produk. 3) Memperbaiki kualitas produk untuk menjaga daya tahan produk yang dipasarkan di daerah Jabon. 4) Untuk menarik perhatian konsumen dan menambah informasi sebaiknya menjual produk dengan kemasan pada pembelian produk berapapun jumlahnya. 5) Pelayanan yang menyeluruh kepada konsumen akan menambah ketertarikan konsumen untuk mebeli produk benih padi merek “Cap Tangan”. 6) Label dalam produk sebaiknya dibuat sederhana agar konsumen mudah untuk memahami informasi dari label tersebut. 7) Nama merek harus dibuat agar konsumen mudah mengucapkan dan tertarik. 8) Desain kemasan dan logo harus dibuat semenarik mungkin agar konsumen selalu mengingat produk benih padi merek “Cap Tangan”

English Abstract

The agricultural sector in Indonesia is one of the sectors that have the opportunity and influence on social stability, economic, political and has bright prospects for development. The agricultural sector not only as a sector that absorbs high labor but also needed to support the successful development and is the key to resilience and national food needs. Today the modern farmer mindset has become a standard measure of quality. Starting from the consciousness of modern society would then comes the certified seed companies that produce certified seed, one of which UPT Pengembangan Benih Padi which opened several Garden Seeds. One of them Kebun Benih Padi located in Mojokerto, East Java. Kebun Benih Jabon engaged in certified rice seed. Many ways in which to be able to grab the attention of consumers and to increase market share, such as creating a positive brand image in the eyes of consumers where the brand is acceptable to consumers and is considered a good that consumers want to consume products with the brand. Therefore, we need some form of research on brand image with the aim to improve rice seed product marketing strategy brand "Cap Tangan". Based on this, it can be formulated as the following research questions: 1) How does the brand image obtained rice seed products brand "Cap Hand" based on the variables of brand image that is strength, uniqueness and favorable? 2) How to evaluate marketing strategies that can be applied to the attributes with the differences in the analysis of the rice seed brand image brand "Cap Hand"? Based on the research question, the objectives of this research are: 1) To describe the brand image brand rice seed "Cap Tangan" based on the variables of brand image that is strength, uniqueness and favorable. 2) To describe the attributes of a marketing strategy by looking at the differences in the attributes of rice seed product brand "Cap Tangan". The method to determine the respondents in this study is using accidental sampling for consumer respondents and purposive sampling to the respondent employee Kebun Benih Jabon. As for the method of data analysis, among others, using descriptive analysis and cobwebs to see the differences between respondents about the attributes studied. Based on the analysis results obtained: 1) the average value of all variables that brand image is 3.56 berarrti consumers have the view that the brand image of rice seed product brand "Cap Tangan" positive. 2) by using analysis of cobwebs, it is known that many different views of respondents on each attribute advance of the brand image of the rice seed products brand "Cap Tangan" of the eight attributes all have different values difference. The suggestions can be submitted by the researcher to Kebun Benih Jabon to keep even maintain the brand image of the rice seed products brand "Cap Tangan" are: 1) To improve the brand image of the good, then the Employee Kebun Benih Jabon should be able to see the view of the product consumer side thus creating a common ground will be the image of the same product, namely rice seed product brand "Cap Tangan". The results of the image of a good product please maintained while some attributes are assessed to be less hope can be improved further. 2) To increase the number of consumer products brand rice seed "Cap Tangan", should more attention to the promotion or advertising to influence consumers and increase consumer information products. 3) Improve the quality of the product to maintain the durability of the products marketed in the area Jabon. 4) In order to attract the attention of consumers and add information should sell products with packaging on any number of product purchase. 5) A comprehensive service to consumers will increase consumer interest for mebeli rice seed products brand "Cap Tangan". 6) Label the product should be kept simple so that young consumers to understand the information from the label. 7) The brand name should be made so easy to pronounce and interested consumers. 8) The design of the packaging and the logo should be made as attractive as possible so that consumers always remember the brand of rice seed product "Cap Tangan"

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/177/051503084
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 May 2015 15:06
Last Modified: 19 Oct 2021 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130157
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_PROPOSAL.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_PROPOSAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN,_KATA_PENGANTAR_DAN_RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN,_KATA_PENGANTAR_DAN_RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item